Sukses


Tempat Tidur Multifungsi, Cara Tepat Hemat Ruang

Selain berfungsi sebagai tempat beristirahat, beberapa model tempat tidur kini juga menawarkan beragam fungsi lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Selain berfungsi sebagai tempat beristirahat, beberapa model tempat tidur kini juga menawarkan beragam fungsi lainnya. Salah satunya, sebagai tempat penyimpanan sehingga dapat menghemat ruangan di kamar tidur.

Jika saat ini Anda sedang menata kamar tidur anak atau mungkin ingin mengubah layout kamar tidur Anda sendiri agar jadi lebih lapang, simak penjabaran dari Rumah.com berikut tentang berbagai macam pilihan tempat tidur hemat ruang:

1. Tempat tidur dengan Tempat Penyimpanan

Cara menyimpan barang-barang pada model tempat tidur ini cukup dengan mengangkat kasurnya terlebih dulu.

Ada dua macam tempat tidur ini. Jenis pertama adalah penyimpanan berada di bawah kasur dan cara mengaksesnya adalah dengan mengangkat kasur. Sementara yang kedua adalah tempat penyimpanan dengan jenis laci. Cara mengaksesnya dengan menarik ke luar.

Tempat tidur jenis ini sangat cocok digunakan di kamar anak-anak untuk menyimpan perlengkapan seperti buku-buku atau mainan anak-anak. Atau jika ingin ditempatkan di kamar Anda sendiri, tempat tidur ini bisa digunakan untuk menyimpan baju, handuk dan juga seprai.

Cara menyimpan barang-barang pada model tempat tidur ini cukup dengan mengangkat kasurnya terlebih dulu. Selain multifungsi, tempat tidur jenis ini juga cukup nyaman dan tidak menghabiskan banyak tempat di kamar tidur.

Anda juga tidak perlu menambah sebuah lemari tambahan yang akan membuat kamar terasa penuh.

Biasanya tempat tidur jenis ini memiliki dua sampai empat laci.

Jenis tempat tidur dengan lacii adalah salah satu alternatif untuk menyimpan barang-barang Anda di bawah kasur tanpa harus mengangkatnya terlebih dahulu.

Meskipun tempat penyimpanannya tidak sebesar tempat tidur Ottoman, penggunaan laci pada tempat tidur ini memudahkan Anda untuk menyimpan barang-barang di kamar tidur. Biasanya tempat tidur jenis ini memiliki dua sampai empat laci.

2. Tempat tidur sofa ( Sofa Bed )

Tempat tidur seperti ini cocok digunakan di apartemen tipe studio atau bagi yang sering kedatangan tamu dan menginap di rumah.

Salah satu cara praktis untuk mengubah ruang keluarga menjadi kamar tamu adalah dengan menambahkan sebuah sofa bed. Tempat tidur seperti ini cocok digunakan di apartemen tipe studio atau bagi yang sering kedatangan tamu dan menginap di rumah.

Sofa bed juga ideal digunakan untuk bersantai di rumah saat berakhir pekan. Tidak hanya praktis, sofa bed juga menawarkan kenyamanan layaknya tempat tidur biasa.

3. Bunkbed

Bunkbed adalah pilihan tepat untuk menghemat ruang di kamar anak.

Bunkbed atau ranjang bertingkat bisa Anda manfaatkan untuk menghemat ruang kamar tidur untuk dua orang anak. Menurut ahli, anak laki dan perempuan masih diperbolehkan berbagi kamar hingga usia 7 tahun, sementara anak-anak dengan jenis kelamin yang sama bisa berbagi kamar hingga usia 12 tahun.

Bunkbed pun bermacam jenisnya. Selain jenis dua ranjang bertingkat, ada pula jenis satu ranjang di atas dan meja belajar di bagian bawah. Ada pula bunkbed yang menyatu dengan semuanya: tempat tidur, meja belajar, hingga lemari penyimpanan, seperti pada gambar di atas.

4. Tempat tidur lipat

Jika ada tamu yang menginap di rumah, sebuah tempat tidur lipat akan lebih baik daripada menyediakan sleeping bag.

Praktis layaknya seperti sebuah sofa bed. Tempat tidur lipat merupakan pilihan lain untuk menghemat tempat. Sebuah tempat tidur lipat biasanya memiliki kaki-kaki yang mudah dilipat sehingga dapat disimpan di tempat yang tersembunyi bila sedang tidak digunakan.

Jika ada tamu yang menginap di rumah, sebuah tempat tidur lipat akan lebih baik daripada menyediakan sleeping bag.

Foto: Dreams.co.uk, Pixabay

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini