Sukses


Denah Rumah Minimalis di Lahan 60M2 Bagi Pasangan Muda

Dalam membangun sendiri rumah bagi pengantin baru, dibutuhkan konsep ‘keterbukaan’ yang seolah mempresentasikan konsep rumah tangga

Liputan6.com, Jakarta Rumah baru bagi pasangan muda yang baru saja menikah tentu harus didesain senyaman mungkin. Tidak usah muluk-muluk mendambakan rumah dua lantai, karena rumah satu lantai pun mampu dirancang sedemikian rupa.

Dalam membangun sendiri rumah bagi pengantin baru, dibutuhkan konsep ‘keterbukaan’ yang seolah mempresentasikan konsep rumah tangga yang harmonis dan penuh kasih sayang. Ini bisa dicerminkan lewat permainan jendela kaca yang mendominasi tampilan rumah.

Hadirnya jendela memberi kesan luas pada bangunan, baik dari fasad bangunan maupun interior ruang dalam rumah. Selain adanya jumlah jendela yang banyak, suasana interior yang lapang juga bisa disiasati dengan tinggi langit-langit rumah yang melebihi standar bangunan.

Bila mengikuti aturan diatas, sirkulasi udara di rumah dipercaya akan semakin baik dan tidak panas atau gerah. (Sumber: 21 Desain Rumah Tropis Modern/ Novita Irene)

Denah rumah di luas tanah 60m2. Sebagai catatan, lahan berada di bidang hook

Desain rumah tampak depan

Berdasarkan contoh desain di atas, posisi rumah terbilang menguntungkan sebab membuat pemilik dapat menikmati taman luar dari teras depan. Teras tersebut dapat dijangkau dari dua sisi bangunan, yakni depan dan samping.

Sementara di bagian belakang rumah disediakan pula sebuah teras yang layak difungsikan sebagai ruang khusus cuci dan jemur.

Dari konsep dasar ‘keterbukaan’ itu tadi, maka ruang-ruang yang ada juga dibuat terbuka antara satu dengan yang lain.

Contoh, ruang tamu dan ruang keluarga sengaja dibuat menyatu tanpa sekat.

Konsep lain yang dapat dijadikan acuan dari desain rumah adalah rumah tumbuh. Harapannya, suatu saat rumah tersebut dapat dikembangkan sesuai dengan jumlah anggota keluarga baru yang akan hadir di masa datang.

Hal tersebut terlihat dari atap dapur dan ruang makan yang didak beton, sebagai langkah persiapan pengembangan rumah. Untuk sementara dak beton juga bisa difungsikan sebagai tempat menjemur pakaian.

Letak rumah di sudut jalan memungkinkan fasad memiliki banyak bukaan untuk memasukkan cahaya matahari dan view

Selanjutnya area fasad. Bagian depan dan samping rumah dibuat taman-taman kecil yang dihiasi bunga-bunga peneduh, sekaligus penahan masuknya cahaya matahari berlebih ke dalam rumah.

Keterbatasan lahan tentu berimbas pula pada sedikitnya pemanfaatan lahan sebagai area taman. Oleh karena itu, tidak ada salahnya tembok pagar pun dimanfaatkan sebagai taman vertikal dengan menempatkan pot berisi bunga.

Dengan begitu, bangunan rumah pasangan baru ini pun akan terlihat asri.

Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.