Sukses


Cara Mudah Bersihkan Tirai di Rumah

Tirai cenderung menyerap bau dari area sekitar rumah, seperti aroma memasak dari dapur dan asap rokok.

Liputan6.com, Jakarta Tirai tidak hanya menjaga privasi dan isi rumah dari dunia luar, tetapi juga membingkai jendela dan melengkapi dekorasi rumah Anda. Tapi sayangnya, tirai cenderung menyerap bau dari area sekitar rumah, seperti aroma memasak dari dapur dan asap rokok.

Selain itu, pernahkah Anda memerhatikan debu yang menempel di tirai dalam beberapa bulan terakhir? Pasti sudah sangat tebal. Hati-hati karena debu dapat mengganggu kesehatan. Jadi, jangan abaikan kebersihan tirai.

Idealnya, Anda perlu membersihkan tirai sekali dalam tiga bulan. Tirai yang sudah dibersihkan akan membuat rumah menjadi lebih cerah sekaligus menjaga kesegaran udara di dalam dan luar rumah.

Dikutip dari Rumah.com, inilah empat hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga tirai tetap bersih dan selalu dalam kondisi baik.

Menggunakan setrika uap

Jika tirai Anda terbuat dari bahan yang berat dan sulit diturunkan dari gantungan, Anda bisa menggunakan setrika uap untuk membersihkannya. Sebelumnya, gunakan sikat halus untuk menghilangkan debu dan kotoran, kemudian gunakan setrika uap untuk mengurangi baunya.

Menggunakan mesin cuci

Tergantung pada bahan tirainya, jika materialnya kain Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan mesin cuci. Jika mesin cuci Anda memiliki beberapa pilihan pengaturan, pilih pengaturan mencuci dengan lambat.

Kalau Anda khawatir tirai akan rusak, gunakan mesin cuci hanya untuk mencuci tirai berbahan ringan, bukan tirai berbahan berat yang cenderung menahan air.

Cuci dengan tangan

Mencuci tirai dengan tangan kadang-kadang menjadi pilihan yang lebih aman untuk menghindari kerusakan bahan tirainya. Anda bisa menggunakan deterjen yang biasa dipakai ataupun deterjen yang lebih lembut untuk bahan khusus, contohnya kain berenda dan kain beludru.

Gunakan air biasa atau air dingin, bukan air hangat untuk mencuci. Pastikan deterjen tercampur sepenuhnya dengan air sebelum merendam tirai di ember. Cuci dengan perlahan-lahan dan bilas hingga bersih.

Cara mengeringkan tirai

Setelah mencuci tirai dengan menggunakan mesin cuci ataupun hanya menggunakan tangan, bagaimana cara mengeringkannya?

Jangan tergoda untuk memasukkan tirai ke dalam mesin pengering dan berpikir bahwa hal ini akan mempersingkat proses pengeringan. Ada kemungkinan tirai akan kusut saat dikeringkan di dalam mesin.

Cara lebih baik untuk mengeringkan tirai adalah menggantungkannya di halaman rumah, tetapi jauhkan dari paparan sinar matahari langsung. Jika memungkinkan, gantung di tempat yang berangin. Biarkan tirai kering secara alami.

Foto Pixabay.com

Nur Rahma

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini