Sukses


Cara Ampuh Lenyapkan Aroma Durian di Rumah

Rasa buah durian memang nikmat. Namun, aroma yang dikeluarkannya cukup tajam dan membuat ruangan tak nyaman.

Liputan6.com, Jakarta Buah durian boleh dibilang guilty pleasure. Rasanya memang enak, bahkan bisa bikin Anda ketagihan, tapi jika aromanya dihirup terlalu lama bisa bikin Anda mual dan pusing loh!

Meski Anda hanya mengonsumsi pancake durian ukuran mini, aromanya yang tajam tetap dapat memenuhi ruangan Anda—terutama jika ruangannya ber-AC.

Dan untuk menghindari semakin banyaknya korban yang pusing dengan aroma durian yang semerbak di rumah Anda, coba trik ini.

Siapkan daun pandan

Tanamlah pohon pandan di rumah Anda. Pohon pandan yang ditanam di halaman rumah tentunya akan menghasilkan aroma yang harum, apalagi jika Anda mengolahnya.

Ambil beberapa tangkai daun pandan, lalu iris atau cacah daunnya hingga sedikit berair. Sebarkan aroma pandan di beberapa sudut ruangan—termasuk di dalam mobil jika sebelumnya digunakan utuk mengangkut durian—lalu letakkan di dekat AC.

Tak harus menunggu lama, aroma durian akan dikalahkan oleh harumnya pandan.

Gunakan aroma terapi

Anda pasti langsung membakar aroma terapi untuk menghilangkan aroma durian yang masih memenuhi ruangan. Tapi aroma durian tidak akan kalah dengan beberapa aroma tertentu yang sifatnya lembut, seperti vanila atau stroberi.

Gunakan aroma terapi yang aromanya kuat dan menyengat, misalnya sandalwood atau cendana dan citrus. Lebih efektif lagi jika Anda memiliki pengharum ruangan yang terdiri dari serutan kayu cendana.

Walau hanya sedikit, aroma serutan kayu cendana ini akan mengurangi aroma durian yang menyengat.

Tambahkan pelembut pakaian

Pel lantai ruangan Anda setelah mengonsumsi durian. Tapi, kali ini jangan hanya menggunakan cairan pembersih lantai, namun tambahkan pelembut pakaian sebanyak satu tutup botolnya ke dalam air, aduk, lalu gunakan sebagai cairan pel.

Lebih baik pilih pelembut pakaian yang berupa essens, sehingga aromanya lebih pekat dan tahan lama.

Tumbuk kulit jeruk dan kayu manis

Jangan buang sisa kulit jeruk. Cacah kulitnya lalu tumbuk bersama kayu manis. Setelah hancur, panaskan campuran kulit jeruk dan kayu manis itu di atas kompor. Tak perlu lama, Anda hanya butuh waktu 1-2 menit untuk memanaskannya.

Setelahnya, aroma hangat rempah akan memenuhi ruangan Anda. Letakkan serbuk kayu manis dan kulit jeruk hangat itu di dekat AC.

Gunakan kemangi dan mint

Jika ingin menciptakan ruangan yang aromanya lebih segar, gabungkan daun kemangi, daun mint, dan boleh ditambahkan kulit jeruk yang sudah dipotong-potong ke dalam cobek.

Tumbuk campuran daun hingga hancur lalu panaskan di atas wajan dan kompor. Tanpa dipanaskan pun, aroma kemangi dan mint juga cukup membantu untuk mengurangi aroma durian yang tajam. Letakkan di beberapa sudut ruangan rumah Anda.

Foto: Pixabay

Sumber: Rumah.com

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini