Sukses


Rumah Tetap Rapi Walau Punya Hewan Peliharaan

Pernahkah Anda perhatikan bahwa memiliki hewan peliharaan bagaikan mempunyai orang tambahan yang tinggal di rumah?

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda perhatikan bahwa memiliki hewan peliharaan bagaikan mempunyai orang tambahan yang tinggal di rumah?

Ya, layaknya anak manusia, hewan peliharaan juga punya mainan, perlengkapan, tempat tidur, dan beragam aksesori untuk membuat mereka nyaman. Jika tidak disimpan dengan baik, barang-barang ini tentunya akan membuat rumah jadi berantakan.

Dan berikut adalah tip menjaga rumah agar tetap rapi meski pun Anda sering membeli banyak barang untuk hewan peliharaan.

Menyortir

Jawablah dua pertanyaan ini. Berapa banyak mainan dan aksesori yang digunakan hewan peliharaan Anda setiap hari? Lalu apakah Anda masih menyimpan barang-barang yang seharusnya sudah dibuang?

Pemilik hewan peliharaan biasanya cenderung menyimpan mainan dan perlengkapan untuk hewan peliharaan yang sebenarnya sudah tidak digunakan lagi. Contohnya, membiarkan bola-bola yang sudah kempes tergeletak begitu saja di bawah sofa.

Agar rumah tetap rapi, sortir barang-barang tersebut berdasarkan aktivitas hewan peliharaan Anda sehari-hari. Kemudian, buang yang tidak perlu.

Ruang untuk mainan

Berdasarkan ukuran rumah Anda, pertimbangkan untuk menyediakan ruang untuk hewan peliharaan. Tidak perlu berupa sebuah kamar, Anda bisa menggunakan salah satu sudut saja, misalnya di garasi atau ruang kosong di bawah tangga rumah.

Gunakan area ini untuk menyimpan mainan, perlengkapan, dan aksesori hewan peliharaan. Jika ruangan di rumah Anda terbatas, simpan mainan dan barang-barang keperluan hewan peliharaan di dalam wadah, kotak, atau container plastik berwarna transparan.

Ketika semua barang disimpan dengan rapi di satu area, maka rumah akan lebih mudah dirapikan.

Area makan

Siapkan juga area di dalam rumah untuk hewan peliharaan. Secara rutin, biasakan hewan peliharaan makan di area tersebut karena biasanya saat sedang makan, hewan peliharaan suka memainkan mangkuk dan menumpahkan air.

Makanan dan air minum yang tumpah tentunya akan mengotori seluruh lantai. Jika Anda menyediakan area makan untuk hewan peliharaan, maka hanya area tersebut yang akan berantakan saat hewan peliharaan menghabiskan makanannya.

Menyimpan dokumen penting

Dokumen seputar kesehatan hewan, misalnya catatan dokter hewan dan vaksinasi, harus disimpan di dalam folder khusus. Perlakukan surat-surat ini dengan baik, bagaikan dokumen penting milik Anda.

Dalam keadaan darurat, surat berisi informasi tentang hewan peliharaan harus mudah diakses dan dijangkau.

Foto Pixabay.com

Nur Rahma

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini