Sukses


Trik Hilangkan Aroma Kaporit Usai Berenang

Aroma kaporit tersebut terkadang menempel di rambut Anda yang acapkali jadi menyebar di ruangan rumah Anda.

Liputan6.com, Jakarta Berenang memang menyenangkan dan membuat tubuh menjadi lebih rileks dan juga segar. Tapi hal yang paling menyebalkan dari berenang di kolam renang umum adalah aroma kaporit yang susah hilang.

Yang bikin sebal, aroma kaporit tersebut terkadang menempel di rambut Anda yang acapkali jadi menyebar di ruangan rumah Anda. Misalnya, saat Anda merebahkan diri di ranjang, aroma kaporit pun menempel di seprai Anda. Begitu pun saat Anda duduk di sofa.

Untuk menghilangkan aroma kaporit, berikut langkah-langkahnya.

Bilas ulang

Biasakan untuk membilas dahulu tubuh Anda dengan air di shower begitu Anda keluar dari kolam renang. Bersihkan seluruh tubuh Anda dengan air tanpa sabun hingga aroma kaporitnya berkurang.

Setelahnya, barulah bersihkan tubuh Anda dengan sabun dan sampo. Saat sampai di rumah, ulangi kegiatan membilas tadi.

Rendam baju renang dan handuk Anda

Jangan satukan baju renang dan handuk Anda dengan pakaian kotor lainnya. Siapkan ember khusus untuk baju renang dan handuk lalu rendam.

Untuk baju renang, rendam dengan air dingin selama 1 jam, lalu bilas dan rendam kembali dengan air dingin yang sudah ditambah detergen selama 30 menit, barulah Anda cuci.

Sedangkan untuk handuk, rendam dengan air hangat selama 1 jam—untuk melemaskan seratnya yang kaku karena kaporit—lalu tambahkan detergen dan diamkan selama 30 menit, barulah Anda cuci.

Siapkan kayu manis

Pangganglah kayu manis di dalam microwave atau bakar di atas kompor. Aroma segarnya akan menghilangkan aroma kaporit yang memenuhi ruangan rumah Anda.

Sisa bubuk kayu manis juga dapat Anda gunakan untuk mengharumkan isi lemari pakaian. Caranya, masukkan bubuk kayu manis ke dalam kain kasa berongga lalu ikat agar tak bocor, dan letakkan kayu manis di sudut dalam lemari.

Manjakan rambut

Efek kaporit pada rambut tak akan hilang hanya dalam satu kali keramas. Untuk itu, saat Anda tiba di rumah usai berenang, bilas kembali rambut Anda.

Kali ini tambahkan lidah buaya sebelum menggunakan sampo untuk mencegah rambut kaku dan mengeras, setelah membilas sisa sampo, gunakan conditioner dan vitamin rambut. Untuk sementara hindari menggunakan haid dryer agar rambut tidak semakin kaku dan kering.

Foto: Pixabay

Sumber: Rumah.com

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini