Sukses


Tak Nyaman dengan Dapur Terbuka? Ini Siasatnya!

Karena kondisi dapur melebur jadi satu dengan taman belakang, maka sebaiknya tidak mengatup area ini sepenuhnya.

Liputan6.com, Jakarta - Harga rumah yang relatif tinggi menyebabkan pasangan baru –pembeli rumah pertama- membidik rumah kecil yang luas bangunannya hanya 36m2 hingga 45m2.

Di wilayah perbatasan Jakarta dan kota-kota besar, seperti Tangerang, misalnya, harga rumah tipe ini biasanya dipasarkan mulai Rp350 jutaan.

(Kalau mau beli rumah, simulasikan dulu cicilan rumah per bulannnya lewat Kalkulator KPR dari Rumah.com)

Kriteria lain dari tipe ini adalah lahan dibagi menjadi dua kamar tidur, satu kamar mandi, ruang keluarga yang menyatu dengan ruang tamu, taman depan dan belakang, serta carport. Lalu di mana dapur?

Dapur lazimnya diletakkan bersamaan dengan taman belakang sehingga konsepnya memang dibiarkan terbuka alias tanpa atap. Material yang ada di dapur meliputi kitchen sink dan keran air saja.

Pada beberapa kasus, pengembang perumahan baru memberikan tawaran kepada calon pembeli untuk menutup dapur dengan atap.

(Sebelum beli rumah baru, pastikan Anda sudah menyimak ulasan lengkapnya di Review Properti dari Rumah.com)

Namun ada biaya tambahan yang dikenakan untuk pekerjaan ini, berkisar antara Rp5 juta sampai Rp10 jutaan.

Jika mau, pengembang akan langsung melakukan pekerjaan tambahan ini. Tetapi jika berniat mengerjakannya sendiri, ada beberapa aspek yang perlu dicatat dalam “anggaran beli rumah baru”.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Contoh Layout Dapur Terbuka

Karena dapur terbuka yang dirasa tidak nyaman, Banyak orang mengubah area ini menjadi area tertutup. Padahal, area taman berguna untuk mengoptimalkan sirkulasi udara.

Dapur terbuka tidak sepenuhnya buruk. Jika pemilik mau berkreasi, dapur dengan konsep ini bisa diatur sesuai keinginan bahkan bisa tampil lebih cantik daripada dapur di dalam rumah.

Mau tahu apa saja dokumen yang harus diurus dalam proses pembelian rumah? Simak lebih lengkapnya di Panduan Rumah.com.

Jika tidak punya ide untuk membuatnya terlihat menarik sebagai ruang vital di rumah, contoh desain di bawah ini layak ditiru.

Dapur terbuka adalah dapur yang tata letaknya berada di luar bangunan rumah atau menyatu dengan area taman belakang.

 

3 dari 3 halaman

Tips Mendesain Dapur Terbuka

Pertama, apakah cukup dengan kanopi atau ditutup hampir seluruhnya dengan genteng. Apabila bujet minim namun kebutuhan untuk menutup dapur dirasa mendesak, maka kanopi boleh menjadi opsi pertama.

Untuk material kanopi, polycarbonate merupakan jenis yang termurah dan punya daya tahan cukup baik terhadap panas matahari.

Baca juga: Langkah A-Z Beli Rumah Bekas dengan KPR

Kedua, karena dapur menjadi satu dengan taman belakang, maka sebaiknya tidak menutup area ini sepenuhnya. Sisakan setidaknya 1/4 area atap untuk sirkulasi udara bagi dapur yang ditutup dengan plastik fiber.

Posisi atap fiber ini sebaiknya berada tepat di atas taman, sehingga apabila air hujan tampias tidak akan membasahi lantai dapur. Fiber juga berguna untuk memasok cahaya alami bagi dapur.

Ketiga, apabila menginginkan konsep semi terbuka pada dapur sekaligus area taman, maka tembok pembatas belakang rumah harus dilengkapi keamanan lebih.

Bisa dengan pecahan botol kaca yang disusun sepanjang tepi tembok atau dengan kawat berduri.

(Rumah yang dibeli dari pengembang pasti bisa dimiliki dengan cara dicicil. Untuk mengetahui berapa nominal cicilan rumah idaman, gunakan fitur Kalkulator Keterjangkauan dari Rumah.com)

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.