Sukses


Langkah Awal Sebelum Sewa Apartemen

Berapa pun harga yang akan Anda bayar per bulannya dan sekeren apapun apartemennya semuanya tergantung pada kemampuan negosiasi Anda.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda memang berniat untuk menyewa apartemen, ketahuilah: Berapa pun harga yang akan Anda bayar per bulannya dan sekeren apapun apartemennya semuanya tergantung pada kemampuan negosiasi Anda.

Namun, sebelum Anda bernegosiasi, pastikan bahwa Anda sudah memutuskan apa yang Anda butuhkan dari apartemen tersebut. Mungkin berdasarkan pertimbangan lokasi apartemennya, view dari unitnya, desain interiornya, atau mungkin furniturnya.

Pastinya apapun kriterianya, simak 6 tips yang dilansir dari Rumah.com berikut ini sehingga Anda mendapatkan apartemen sesuai kriteria namun dengan harga serendah mungkin.

1. Gunakan internet untuk memilih fitur yang ditawarkan

Jika Anda tidak tahu fitur apa saja yang tersedia di wilayah Anda, cobalah menjelajahi situs-situs layanan properti seperti Rumah.com yang bukan hanya menyediakan listing jual beli rumah saja, tapi juga unit apartemen yang disewakan.

Di sini Anda dapat menemukan apartemen berdasarkan pada berapa jumlah kamar tidur yang Anda butuhkan atau kriteria lainnya.

Ini adalah cara yang bagus untuk mengetahui biaya yang akan dikenakan untuk Anda dan apakah apartemen tersebut memiliki kriteria seperti yang Anda inginkan.

2. Hindari memilih apartemen berdasarkan persepsi semata

Anda mungkin bisa mendapatkan kesepakatan yang bagus pada sebuah apartemen yang punya bath tub dan dapur yang besar, tapi lingkungannya mungkin tidak seperti yang Anda cari, atau ada kriteria Anda yang tidak terdapat pada apartemen tersebut.

Jangan membuat kesalahan dengan menyewa apartemen karena tampak seperti kesepakatan yang bagus tapi berdasarkan kebutuhan orang lain – bukan bagus yang sesuai kebutuhan Anda.

3. Hubungi marketing atau agen

Anda bisa menemukan kontaknya di listing atau situs resmi apartemennya.

  • Hubungi setidaknya dua kali dan tanyakan tentang lingkungan dan para penyewa lainnya, apakah memiliki kriteria yang paling Anda inginkan dan sesuai rentang harga Anda.

  • Tanyakan juga tentang penawaran spesial sehingga mana tahu Anda bisa mendapatkan harga sewa di bawah standar.

  • Marketing atau agen tentu akan mendapatkan komisi jika akhirnya Anda memilih properti yang mereka sarankan.
    Jadi pastikan agar mereka dapat membantu Anda mendapatkan unit terbaik jika terdapat dua sampai tiga properti yang Anda suka

4. Lakukan survei secara pribadi

Tidak semua virtual tur dapat ditemukan di semua situs apartemen resmi. Jika memang demikian, Anda bisa cek dulu ke Rumah.com yang menyediakan fasilitas ini. Fasilitas ini memberikan gambaran tentang tampilan interior secara nyata di layar Anda.

Tapi survei langsung ke apartemen dan lingkungan sekitarnya tentunya akan memberikan Anda penilaian yang lebih baik lagi. Dan jangan membatasi pencarian ke satu property saja, kunjungi setidaknya dua, sehingga Anda memiliki perbandingan.

5. Selalu telepon sebelum survei ke lokasi

Sebelum Anda mengunjungi unit apartemennya, telepon lebih dulu agar Anda mendapatkan penawaran harga. Setelah Anda berada di lokasi, marketing atau agen tentunya berharap Anda akan suka dengan fitur yang ditawarkan.

Bandingkan fitur dan harga yang Anda dapatkan dengan apartemen lainnya. Dan beritahu marketing atau agen tersebut sehingga mereka mungkin mau menurunkan harganya.

6. Evaluasi kembali daftar kriteria Anda

Selama proses pencarian apartemen yang diharapkan tidak akan bikin kantong jadi bolong ini, Anda tentu telah menyusun kriteria di dalam dan sekitar apartemen yang penting bagi Anda.

Nah, jika akhirnya Anda memiliki dua properti berbeda yang harus dipilih, apakah kriteria Anda masih tetap sama? Jadi sesuaikan daftar Anda dengan masing-masing fitur sebelum melakukan perbandingan akhir antara biaya dan nilai apartemennya.

Akhirnya setelah Anda mengetahui apa yang Anda inginkan dan berapa biayanya, duduklah, dan pikirkan tentang pilihan Anda dalam dua cara berikut:

  • Perhatikan anggaran Anda yang sebenarnya. Pertimbangkan apakah ada apartemen yang menyisakan uang sisa pembayaran yang lebih banyak.

  • Evaluasi nilai apartemen berdasarkan penilaian dari kriteria yang telah anda tetapkan. Pastikan harga sewa yang Anda bayar sesuai kemampuan Anda, bukan memaksakan diri.

Jadi pastikan bahwa Anda memiliki kriteria yang sesuai dan penting bagi Anda sehingga membantu Anda untuk memutuskan di mana Anda akan tinggal, berdasarkan kebutuhan Anda sendiri, bukan karena korban iklan.

Foto: Pixabay

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini