Sukses


Cara Instan Bikin Betah di Rumah

Agar rumah tak sekedar menjadi tempat melepas lelah, agar Anda lebih menikmati rumah, lakukanlah tips berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda, rumah mungkin hanya sebuah tempat untuk melepas lelah. Setiap hari begitu pulang kerja, Anda hanya memanfaatkannya sebagai tempat untuk memejamkan mata.

Pun saat libur akhir pekan, Anda lebih banyak menghabiskan waktu di luar bersama teman atau makan bersama pasangan di resto favorit ketimbang di rumah.

Jika kondisinya memang seperti ini, bisa dibilang Anda kurang bahagia di rumah karena Anda tak pernah menikmati setiap menit yang Anda lewatkan saat berada di dalamnya.

Dan agar rumah menjadi lebih berarti dan Anda pun merasa bahagia serta betah selama berada di dalamnya maka cobalah lakukan hal seperti dikutip dari Rumah.com berikut ini.

Harumkan ruangan (persiapan: 5 menit)

Bila setiap saat Anda selalu menggunakan pengharum ruangan yang sama, maka hidung Anda akan terbiasa. Hal ini membuat aroma pengharum ruangan tersebut menjadi tak istimewa lagi bagi Anda.

Karena itu, ciptakan aroma yang berbeda selama beberapa kali. Misalnya jika pagi ini Anda menghirup aroma jeruk, esok pagi Anda menghirup aroma teh yang segar, lalu berulang lagi.

Tak perlu menyebarkan aromanya untuk seluruh ruangan, cukup pilih satu ruangan yang Anda gunakan pertama kali, misalnya kamar mandi. Jadi saat malam sebelum tidur semprotkan essential oil ke kamar mandi atau ruang makan lalu tinggalkan.

Dan saat bangun tidur esok paginya maka aroma tersebut akan langsung Anda hirup sehingga akan meningkatkan mood Anda.

Bersihkan satu barang (pengerjaan: 10-15 menit)

Jika Anda termasuk orang yang malas membereskan rumah—dengan alasan, toh, Anda juga jarang berada di rumah. Cobalah untuk membersihkan satu barang yang berbeda setiap harinya. Syaratnya Anda harus benar-benar membersihkannya, bukan asal-asalan.

Percayalah, ada rasa bangga dan nyaman begitu Anda selesai membersihkannya, dan Anda akan tambah bersemangat saat melihat barang itu mengkilap dan bersih. Hasilnya, membuat Anda ingin menikmati suasana rumah lebih lama.

Hias rumah dengan barang penuh kenangan

Sayang, ah, foto-foto atau suvenir yang Anda beli saat traveling ke luar kota atau luar negeri jika hanya disimpan saja. Pilih barang-barang yang paling Anda suka lalu gunakan untuk menghias dinding atau rak Anda.

Pilih juga foto saat Anda traveling, foto saat liburan bersama keluarga, foto bareng sahabat, atau foto bersama pasangan, lalu jadikan pajangan untuk dinding atau meja sudut. Melihat memori yang menyenangkan akan membuat pikiran Anda lebih tenang saat berada di rumah.

Memasak (15-20 menit)

Meski Anda tak punya bakat masak, tapi sesederhana apa pun masakan Anda, begitu Anda selesai membuatnya, Anda pasti akan puas dan bangga.

Tak berarti harus yang ribet, coba saja siapkan roti panggang dengan selai favorit, atau buat puding atau es buah yang mudah. Dijamin, deh, Anda akan menyusun rencana untuk bersantai yang nyaman di rumah sambil menyantap makanan buatan Anda.

Bila sedang tak ingin masak, siapkan saja comfort food andalan Anda dan buatlah rencana untuk menikmatinya di rumah.

Pasang seprai baru (pengerjaan: 10 menit)

Menjelang akhir pekan, lakukan (atau mintalah bantuan asisten rumah tangga) mengganti seprai ranjang dengan seprai baru yang sudah dicuci dengan pelembut pakaian sebelumnya. Lalu, minta juga agar bantal Anda dijemur dahulu sebelum mengunakan seprai baru.

Begitu Anda kembali ke rumah dan merebahkan diri di ranjang, tentu rasanya akan jauh lebih nyaman.

Foto: Pixabay

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.