Sukses


Bunda, Ini Panduan Bersihkan Kabinet Kitchen Set!

Bagi Anda yang menyukai kegiatan memasak, sudah sepatutnya untuk tidak lupa membersihakan secara rutin.

Liputan6.com, Jakarta Kabinet adalah salah satu perabotan yang jarang dibersihkan, dibanding bagian lain pada kitchen set.

Karena letaknya yang biasanya ada di atas, kabinet kitchen set jarang dibersihkan. Kalaupun dibersihkan, kurang maksimal.

Akibatnya, sangat mudah menjadi sarang laba-laba atau debu yang menempel. Jika didiamkan, tidak hanya mengganggu kebersihan dan kesehatan tubuh, tetapi juga merusak keindahan dari kitchen set itu sendiri.

Membersihkan kabinet tidak bisa asal dilakukan. Dilansir dari laman Rumah.com, membersihkan kabinet haruslah memperhatikan material dari kabinet tersebut.

Ada yang terbuat dari kayu solid, berlapis cat, besi, dan berbahan lempeng tipis (laminasi). Masing-masing memiliki karakteristik yang harus diperhatikan saat hendak dibersihkan.

Berikut ini tips bersihkan kabinet kitchen set yang bisa Anda lakukan di rumah:

Kabinet berbahan kayu solid

Kabinet kitchen set dari kayu solid (bhg.com)

Kabinet (lemari) yang terbuat dari kayu solid memiliki karakteristik yang mudah kering akibat panas dan suhu perubahan dari uap memasak.

Cara efektif membersihkan lemari jenis ini dengan menggunakan lap lemari kering. Hindari menggunakan lap basah.

Pertama, lap seluruh permukaan lemari di bagian luar dan dalam. Kemudian, tahap kedua lap kembali permukaan menggunakan lap kering. Terakhir, lap kembali menggunakan kain lembap.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kabinet berlapis cat

 

Painted kitchen set (bhg.com)

Anda bisa menggunakan cairan cuka untuk membersihkan sisa minyak yang menempel. Lalu, semprotkan menggunakan air hangat yang sudah dicampurkan pembersih.

Terakhir, lap menggunakan air bersih kembali. Selain menggunakan cuka, Anda juga bisa menggunakan pembersih pakaian.

Kabinet lemari besi

Kabinet yang terbuat dari besi (atlantic.co.id)

Lemari yang berbahan besi, sebaiknya hindari menggunakan air. Anda bisa menggunakan kain yang sudah disemprotkan dengan cairan cuka.

Kabinet tipis laminasi

Kabinet laminasi (bhg.com)

Pertama-tama, campurkan cairan cuka dalam air. Lalu semprotkan ke arah kabinet, dan keringkan menggunakan kain bersih.

Sebagai tambahan Anda bisa menggunakan satu sendok pemutih yang dicampurkan kedalam air.

Agar makin bersih, gunakan sikat lembut seperti sikap gigi yang tak terpakai untuk membersihkan sudut-sudut kabinet. Terakhir, lap menggunakan kain handuk yang sudah direndam dalam air lemon.

Feature picture: Pixabay.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.