Sukses


Ruangan di Rumah Gelap? Ini Cara Membuat Terang!

Mungkin saja ada satu atau dua ruang yang terasa gelap meski siang hari. Ini cara membuatnya terlihat terang.

Liputan6.com, Jakarta Tidak semua ruangan di dalam rumah selalu mendapatkan cahaya matahari. Mungkin saja ada satu atau dua ruang yang terasa gelap meski siang hari, contohnya ruang keluarga dan dapur.

Tentu saja Anda tak harus menyalakan lampu untuk menerangi ruangan yang kurang terang tersebut. Cobalah mempraktikkan tujuh cara ini agar ruangan yang gelap tersebut jadi lebih terang. Caranya? Dengan memaksimalkan apa yang terdapat di rumah Anda.

Semua berwarna putih

Salah satu cara terbaik untuk membuat ruangan yang gelap terasa lebih terang adalah dengan menggunakan banyak warna putih. Warna ini mengirimkan cahaya sebanyak mungkin kemudian memantulkannya ke permukaan lain.

Jadi hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengecat dinding dan langit-langit ruangan tersebut dengan warna putih.

Mencampur warna netral

Jika Anda justru menghindari warna putih, gunakan warna netral seperti cokelat muda dan abu-abu untuk membawa kehangatan dan kecerahan ke dalam ruangan. Selain untuk dinding dan langit-langit, aplikasikan warna netral tersebut untuk lantai dan furnitur.

Buka tirai lebar-lebar

Hal ini mudah dilakukan, tetapi sering diabaikan. Karena alasan privasi, kadang-kadang orang tidak mau membuka tirai jendela pada siang hari. Padahal, tirai harus benar-benar terbuka agar Anda dapat memaksimalkan cahaya alami masuk ke dalam rumah.

Meminimalkan penggunaan furnitur besar

Furnitur yang berukuran besar akan menguasai ruangan dan membuatnya terasa gelap. Sebaiknya gunakan furnitur kecil berwarna netral dan berdesain simpel agar ruangan tidak sempit dan tidak menghalangi cahaya yang masuk.

Menambah jumlah jendela

Biasanya, ruang keluarga dan dapur terkesan gelap karena tidak ada jendela. Jika memungkinkan, tambahkan sepasang jendela di ruangan tersebut. Selain itu, ganti pintu biasa dengan pintu berkaca agar cahaya alami dapat masuk.

Lampu gantung

Jika hanya beberapa sudut di dapur yang terasa gelap, pertimbangkan untuk meneranginya dengan beberapa lampu gantung kecil. Selain tidak berlebihan, lampu gantung memberikan aksen baru ke dalam dapur Anda.

Mengandalkan cermin

Gantungkan cermin besar di ruang keluarga atau kamar tidur untuk memantulkan cahaya. Bisa juga memasang cermin berbagai ukuran untuk menangkap cahaya di ruangan.

Foto Pexels.com

Sumber: Rumah.com

Nur Rahma

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini