Sukses


Wah, Tanaman Ini Juga Bisa Jadi Pagar Rumah!

Salah satu ide menarik untuk mempercantik eksterior rumah dengan mengguankan tanaman yang bisa menjadi pagar.

Liputan6.com, Jakarta Rumah dengan lahan yang terbatas, terkadang mendorong penghuninya untuk pintar-pintar ‘memutar otak’ untuk tetap menjaga fungsi sekaligus mempercantik estetika rumah. Terlebih area eksterior rumah mulai dari pagar hingga pekarangan rumah.

Bayangkan dengan luas lahan 60m – 90m2, Anda tentunya akan merasa kesulitan untuk memadukan bagian eksterior rumah agar tetap efisen dan sesuai fungsinya, seperti paduan antara unsur keamanan dan nilai estetik.

Namun jangan putus asa! Banyak ide menarik yang bisa dihasilkan untuk memadukan fungsi pagar dengan tanaman menjadi kesatuan yang apik untuk rumah Anda.

Bagaimana caranya? Adalah dengan menggunakan tanaman. Rindangnya tanaman dan hijaunya daun bisa memberikan kesan asri dan tentu saja indah jika dilihat dari luar rumah. Dan berikut adalah jenis-jenis tanaman yang bisa dijadikan pagar rumah, seperti dilansir dari laman Rumah.com:

Tanaman Clementis

Tanaman Clementis (sumber: pinterest)

Tanaman pertama adalah Clementis. Tanaman ini berupa kelopak dan mahkota bunga berwarna cantik. Warna ungunya bisa menambah kesan feminin yang kuat. Anda bisa menanam tanaman ini pada pagar kayu yang tidak terlalu tinggi.

Japanese Holly

Tanaman Japanese Holly (bobvila.com)

Bentuknya yang tinggi dengan batang berduri, bisa menjadi pagar yang cantik di rumah Anda. Apalagi jika pohon-pohon tersebut ditata menjajar, wah pekarangan Anda akan lebih menawan.

American Holly

American Holly (longislandnatives.com)

Berikutnya, adalah American Holly. Tanaman ini masih satu ‘rumpun’ dengan tanaman Japanese Holly. Jika dilihat bentuknya, buah tanaman ini menyerupai cerry. Namun bedanya, bentuk fisik tanaman ini tidak setinggi pohon cerry atau Japanese Holly.

Kendati begitu, tanaman ini kerap menjadi ‘sahabat’ pagar rumah yang cantik.

Pakis

Tanaman Pakis (pixabay.com)

Pakis adalah tanaman pendek yang berumbai dan memiliki akar yang merayap. Jika ditanam dengan jumlah yang banyak, tanaman ini bisa jadi pagar alami yang unik. Tidak hanya cantik, Pakis juga bisa dijadikan sebagai makanan, pengendali serangan hama, dan juga baik untuk kesehatan.

Kandungan vitamin A lebih banyak ditemukan pada jenis tanaman ini. Jadi, selain indah juga bisa sehat.

Bambu

Bambu (ignorancia.org)

Terakhir adalah bambu. Tanaman ini sebenarnya masuk ke dalam kategori rerumputan. Namun, karena bentuk tanaman ini cukup ‘langsing’ dan tinggi, menjadikan bambu sebagai pilihan tepat untuk dijadikan pagar.

Warna yang hijau serta daun yang mengkilau, memberikan efek yang menarik saat siang hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.