Sukses


Serbu Rumah di Makassar dengan Cicilan 2 Juta Per-Bulan

Makassar, selain menjadi lokasi yang berpotensial, juga menawarkan cicilan rumah yang menggiurkan.

Liputan6.com, Jakarta Mencari rumah baru sejatinya harus memerhatikan lokasi dan juga penawaran harganya agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Mengapa? Karena kedua faktor tersebutlah yang akan menentukan kesanggupan diri Anda di masa depan.

Berbicara lokasi, tentu saja harus berdekatan dengan tempat aktivitas sehari-hari seperti kantor atau sekolah, dan potensi investasi yang baik.

Sebut saja kota Makassar yang sejak tahun 2014 sudah diproyeksikan sebagai kota kreatif skala internasional sehinggga diharapkan bisa menjadi nilai tambah bila Anda memiliki rumah di sana.

Dan terkait penawaran harga, ini jauh lebih krusial. Sebab ini merupakan tolak ukur paling masuk akal untuk membandingkan kesanggupan Anda membayar.

Biasanya, pihak bank akan melihat pendapatan perbulan dan juga rekam jejak perbankan Anda. Ini terkait proses B.I Checking, dimana pihak bank akan memantau dan menganalisis apakah Anda cukup ‘bersih’ atau tidak terlibat kredit macet.

Perhitungan umumnya, seseorang akan dianggap mampu membeli rumah dimulai dari kesanggupan membayar uang muka minimal. Selanjutnya, pihak bank akan melihat jumlah plafon berupa batas pinjaman yang akan dikreditkan.

Secara finansial, kreditur dianggap mampu apabila cicilan rumah berada pada titik minimum 10 persen dari penghasilan mereka. Ingat itu baru minimum. Sedangkan maksimumnya adalah 30 persen. Lebih dari itu, berarti Anda harus berjuang untuk mengumpulkan uang muka.

Bagi Anda yang saat ini berpenghasilan Rp7 juta – Rp8 juta, pertimbangan umum secara finansial (10%-30%) untuk cicilan KPR perbulan diperkirakan sekitar Rp2 juta-an.

Dari fasilitas kalkulator KPR Rumah.com Anda akan lebih mudah untuk melakukan simulasi perhitungan prediksi cicilan, sekaligus daftar rumah yang sesuai di Makassar. Berikut ulasannya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perumahan Cluster Taman Pattene

 

Perumahan Cluster Taman Pattene

Perumahan pertama adalah Cluster Taman Pattene. Perumahan ini berada di Jalan Raya Puri Pattene, di mana lokasi tersebut berada sekitar 8,2 kilometer dari bandara udara.

Di perumahan ini menawarkan 3 tipe yakni tipe 36, tipe 45, dan tipe 55. Harga rumah untuk tipe 36 dipatok sebesar Rp343,5 juta; tipe 45 seharga Rp385,5 juta; dan tipe 55 sebesar Rp525,5 juta.

Berdasarkan perhitungan kalkolator Rumah.com, bila Anda hendak membeli rumah ini, Anda harus menyiapkan uang muka sebesar Rp68, 7 juta. Kemudian, dengan prediksi kalkulasi KPR, dari sisa pengurangan uang muka menjadi Rp274,8 juta, sekitar Rp2,2 juta per bulan.

Perumahan Griya Antang Harapan

Perumahan Griya Antang Harapan

Kedua adalah Perumahan Griya Antang Harapan yang ada di Jalan Tamangappa Raya Gowa Sulawesi Selatan. Konsep rumah ini juga unik karena menggunakan konsep hijau yang bisa memberikan efek asri pada hunian.

Tipe yang ditawarkan antara lain tipe 36/72, 45/90, dan 54/105. Kisaran harga antara Rp299,9 juta – Rp529,9 juta.

Berdasarkan penelusuran Rumah.com, perumahan ini memberikan penawaran uang muka sebesar 10%-30% dari harga jual. Bila menggunakan 30% untuk uang muka, kisa perhitungan kalkulator KPR Rumah.com, cicilan KPR untuk perbulan sebesar Rp2,02 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini