Sukses


Tips Ngontrak Rumah bagi Pengantin Baru

Bagi pasangan pengantin baru, menyewa atau mengontrak rumah tentunya bisa jadi opsi bagi masalah tempat tinggal.

Liputan6.com, Jakarta Bagi pasangan yang baru saja menikah, bisa langsung tinggal di rumah milik sendiri merupakan salah satu impian. Namun sayangnya tidak semua orang beruntung dapat mewujudkan impian tersebut.

Dengan kondisi perekonomian saat ini, menyewa atau mengontrak rumah tentunya bisa jadi opsi bagi pasangan pengantin baru yang ingin hidup mandiri dan memulai sebuah awal yang baru.

Tapi sebelum menyewa rumah, ada baiknya jika Anda memahami beberapa keuntungan dan kerugiannya seperti dikutip Rumah.com.

1. Tidak perlu membeli banyak furnitur

Pilih rumah kontrakan yang sudah menyediakan peralatan rumah tangga dan perabotan yang Anda butuhkan. Keuntungannya, dapat mengerem keinginan Anda untuk membeli furnitur baru.

Nah, uangnya bisa ditabung untuk mengumpulkan uang muka rumah atau digunakan untuk keperluan lainnya kan?!

2. Lebih fleksibel

Apakah dalam waktu dekat Anda atau pasangan punya kemungkinan untuk pindah ke luar kota karena mutasi atau pindah kerja? Jika ya, menyewa rumah memberikan fleksibilitas kepada Anda dan pasangan. Pilih rumah yang dapat disewa per bulan agar Anda dan pasangan tidak merugi.

3. Bisa mencoba berbagai tipe rumah

Banyak pengantin baru beranggapan bahwa mereka harus membeli rumah untuk membuat pernikahan mereka terasa lebih lengkap. Jika saat ini Anda hanya menyewa rumah, bukan berarti pernikahan Anda kurang lengkap dibandingkan pasangan lain yang sudah memiliki rumah.

Dengan menyewa rumah justru Anda bisa mencoba tinggal di rumah yang sederhana ataupun di rumah yang sangat luas. Kalau membeli rumah adalah tujuan Anda selanjutnya, memiliki pengalaman menyewa berbagai tipe rumah akan menguntungkan Anda.

Saat berburu rumah nanti Anda dapat mengambil keputusan yang tepat dan tidak tergesa-gesa.

4. Mengikuti keinginan pemilik rumah

Salah satu kelemahan penyewa adalah harus mengikuti aturan pemilik rumah. Contohnya, Anda mungkin tidak diperbolehkan memelihara hewan dan tidak boleh mengganti dekorasi rumah.

5. Mengeluarkan biaya perbaikan rumah

Meskipun Anda bisa melaporkan masalah atau kerusakan rumah kepada pemiliknya, kadang-kadang Anda dan pasangan juga harus memperbaiki sendiri kerusakan yang terjadi di rumah sewaan.

Contohnya, saat Anda menemukan pipa yang bocor, Anda harus segera memanggil tukang pipa. Jika kerusakan kecil sering terjadi dan harus segera diperbaiki, biaya perbaikan akan mengganggu keuangan Anda dan pasangan.

Foto: Pixabay

Nur Rahma

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini