Sukses


Fakta Seram: Ini yang Ada di Kamar Tidur Anda!

Meskipun tidak dapat dihindari, jika dibersihkan secara rutin maka berbagai macam kuman tersebut dapat disingkirkan.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda tipikal orang yang suka menghabiskan waktu di tempat tidur, bagaimana jika kami beritahu bahwa tempat yang Anda tiduri selama 1/3 waktu dari hidup Anda ini ternyata menyimpan berbagai macam kuman, bakteri, dan tungau?

Seperti sebuah mimpi buruk, kan? Meskipun tidak dapat dihindari, namun jika dibersihkan secara rutin maka berbagai macam kuman dan bakteri tersebut bisa disingkirkan meski hanya untuk sementara.

Penasaran dengan kebenaran yang tersembunyi dari kamar tidur? Simak fakta yang dirangkum dari goodhousekeeping.com berikut ini.

1. Anda tidur dengan 1,5 juta tungau dan debu setiap malam

Fakta yang menyeramkan, namun Caroyln Forte, dari Good Housekeeping Institute memiliki cara yang efektif untuk menguranginya. Caranya adalah, ketika bangun tidur di pagi hari bukalah seprai Anda.

Kasur yang lembab akan menguap karena mendapat udara yang terbuka, sehingga bisa menurunkan jumlah tungau dan debu di kasur.

2. Karpet mengandung bakteri 4 ribu kali lebih banyak daripada toilet

Cobalah untuk tidak memikirkan hal ini ketika menginjakkan kaki Anda di sebuah karpet saat malam hari. Untuk mencegahnya, bersihkan karpet dengan penghisap debu paling tidak seminggu sekali untuk mencegah kotoran yang menumpuk di permukaannya dan juga yang ada di bagian bawahnya.

3. Smartphone Anda lebih kotor daripada sebuah pajangan porselen

Ya, benda yang sering Anda letakkan di bagian wajah atau di bawah bantal ketika tidur selama semalaman itu memang mengandung kuman dan bakteri. Untuk membersihkannya, lap telepon genggam Anda dengan menggunakan tisu basah beralkohol setidaknya sehari sekali.

Simpan tisu basah di mobil atau di tas agar mudah diambil saat diperlukan.

4. Bantal menyimpan banyak tungau dan debu dan juga sisa kulit mati

Faktanya, bantal bisa menjadi lebih berat karena menyimpan tungau–tungau dan juga sisa kulit mati dari wajah atau tubuh Anda. Salah satu tips yang bisa digunakan untuk merawat bantal adalah membersihkannya secara berkala meggunakan mesin cuci dan kemudian dijemur.

5. Sayangnya, tempat tidur memang tempat favorit bagi tungau

Menurut sebuah perusahaan kasur di Inggris bernama Dreams, kasur yang sudah berumur 8 tahun memiliki lebih dari 4kg sisa kulit mati yang berpotensi memicu tumbuhnya tungau di dalam kasur.

Untuk membersihkannya, gunakan penghisap debu pada bagian atas, sisi, dan juga bagian bawah kasur yang dapat dijangkau.

6. Setiap orang memproduksi 26 galon keringat di tempat tidur selama satu tahun

Untuk melawan bau keringat yang menempel di tempat tidur, semprotkan kasur dan bagian bawahnya menggunakan cairan penghilang bau dan juga pembunuh bakteri yang aman digunakan pada bahan kain.

7. Kosmetik kedaluwarsa menyimpan bakteri berbahaya

Studi yang dilakukan para ilmuwan di London terhadap sebuah produk kosmetik yang kedaluwarsa mengungkap bahwa terdapat bakteri yang dapat membahayakan kesehatan dari produk tersebut. Jadi segera buang kosmetik yang sudah kadaluasa dan tidak terpakai.

8. Virus dapat hidup di sebuah pegangan pintu selama 48 jam

Artinya ketika ada seseorang yang sakit di rumah Anda, maka Anda atau anggota keluarga lainnya juga berpotensi untuk ikut tertular. Bahkan meski mereka sudah dua hari sembuh dari sakitnya.

Untuk melawannya, semprotkan disinfektan di beberapa benda yang sering disentuh bersama-sama seperti gagang pintu, pegangan kursi, dan lain-lain.

Foto: Ikea

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.