Sukses


Kopi Bisa Menyehatkan Tanaman, Lho!

Sisihkan bubuk kopi di rumah untuk halaman Anda, karena kopi punya 3 manfaat penting untuk tanaman Anda.

Liputan6.com, Jakarta Selama ini kopi memang dikenal banyak mengandung manfaat. Selain dapat mengurangi rasa kantuk dan meningkatkan semangat, kopi ternyata juga sangat berguna untuk membantu membersihkan ataupun merawat segala benda yang ada di rumah Anda.

Mungkin Anda juga sudah mengetahui manfaat kopi yang bisa digunakan sebagai pembersih alat-alat atau perabotan di rumah. Tapi ternyata kegunaan kopi pun bisa berlanjut hingga ke halaman rumah Anda.

Jadi sisihkan bubuk kopi di rumah untuk halaman Anda, karena kopi punya 3 manfaat penting untuk tanaman Anda. Seperti:

Mencegah hama

Taburi tanah di sekitar pot tanaman dengan bubuk kopi, lalu sebarkan juga di dekat pot dan atau tanah tempat tanaman tersebut tumbuh. Jika ada bagian daun yang terkena kopi, biarkan saja.

Sebaran bubuk kopi di sekitar tanaman akan mencegah datangnya bekicot, siput, dan hewan pemakan daun lainnya yang bertubuh lunak.

Bahkan kabarnya, kopi juga dapat mencegah munculnya ulat di daun, karena kupu-kupu jadi tidak tertarik untuk bertelur pada daunnya—kupu-kupu hanya tertarik dengan bunganya dan tidak ingin bertengger terlalu lama di sekitar daun karena aroma kopinya.

Selain itu, aroma kopi juga ampuh untuk mengusir kucing atau anjing yang ingin membuang kotoran di halaman Anda.

Bila sayang harus menaburkan bubuk kopi, gunakan ampas kopinya saja. Nnamun keringkan dahulu dengan cara dijemur sebelum menyebarkannya ke tanah.

Jadi pupuk

Kopi memang kaya nutrisi yang tak hanya dibutuhkah oleh tubuh Anda tapi juga tanah. Pasalnya kopi mengandung magnesium, kalsium, potasium, fosfor, dan nitrogen yang biasanya terkandung pada pupuk.

Dan daripada Anda membeli pupuk kimia yang belum tentu memiliki efek positif bagi lingkungan, tak ada salahnya jika Anda tebarkan ampas kopi di tanah.

Supaya tercampur dengan baik, aduklah serbuk ampas kopi dengan tanah menggunakan sekop dan sarung tangan.

Tanah yang bernutrisi ini cenderung mengundang cacing untuk membantu menggemburkan tanah. Beberapa tanaman buah seperti alpukat, jambu biji, tomat, dan terung, menyukai tanah yang ditambah kopi.

Mempercantik warna bunga

Kopi mengandung pH 6.9 yang hampir netral, namun pH ini juga dibutuhkan oleh tanaman sebagai tambahan energi dan nutrisi.

Hasilnya, warna daun dan bunga pada tanaman Anda akan semakin cantik. Warna daun menjadi lebih pekat begitu juga dengan bunganya.

Coba saja menaburkan serbuk kopi di sekitar tanaman mawar Anda.

Foto: Pixabay

Sumber: Rumah.com

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini