Sukses


Pengguna Sepeda Jadi Raja di Apartemen Unik Ini

Cykelehuset Ohboy! punya terobosan baru: Bangunan apartemennya dirancang untuk mendukung penghuni yang memiliki sepeda.

Liputan6.com, Jakarta Gedung apartemen tanpa adanya fasilitas parkir untuk mobil kini semakin dianggap lumrah, terutama di kota-kota yang padat penduduknya dengan lahan yang sangat terbatas. Dan apartemen dengan fasilitas penyimpanan sepeda kini juga mulai menjamur.

Tapi Cykelehuset Ohboy! Sebuah apartemen yang berada di Malmo, Swedia, punya terobosan baru: Bangunan apartemennya dirancang untuk mendukung kebutuhan orang-orang yang menggunakan sepeda sebagai sarana transportasinya.

Seperti dikutip dari Rumah.com, bangunan apartemen ini sungguh unik. Setiap sudutnya dirancang untuk memudahkan penghuni apartemen membawa sepeda hingga ke dalam unit.

Di apartemen ini Anda bisa membawa sepeda Anda sampai ke dalam kamar.

Dan faktanya, ini merupakan apartemen pertama di Swedia yang dibangun tanpa fasilitas parkir. Alih-alih punya garasi untuk sepeda – tentu saja yang letak parkirnya di luar gedung – apartemen ini memungkinkan Anda untuk membawa sepeda Anda sampai ke dalam kamar apartemen Anda.

Clarence Eckerson Jr. dari Streetfilms – sebuah organisasi yang mengedukasi moda transportasi ramah lingkungan, mengatakan bahwa apartemen ini masih dalam proses pembangunan, dan dijadwalkan untuk mulai dihuni pada akhir tahun ini.

Sepeda Anda bahkann bisa dibawa sampai ke dapur untuk menurunkan barang belanjaan bulanan Anda.

“Saya suka konsepnya. Kemana pun Anda ingin membawa sepeda Anda – ke dalam apartemen Anda, ke dalam lift, melalui pintu masuk utama kompleks apartemen – diperbolehkan. Anda bahkan bisa membawa sepeda tersebut sampai ke dapur untuk menurunkan belanjaan bulanan Anda.”

Sebagai perbandingan, apartemen di Amerika Utara yang katanya ramah sepeda sekali pun masih agak repot saat membawa sepeda ke dalam liftnya, kotoran yang ditinggalkan sepeda seperti tanah atau debu juga dianggap merusak tembok dan lantai sehingga butuh perawatan ekstra.

Nah, apartemen Cykelehuset Ohboy! yang dirancang oleh Hauschild+Siegel ini semua dindingnya dilindungi beton yang finishing-nya disesuaikan agar ramah terhadap sepeda.

Lift pada apartemen ini juga dibuat lebih besar, pintunya lebih luas, dan terdapat tempat untuk memarkir dan mengunci sepeda di seluruh gedung.

Terdapat jalur sepeda yang dilengkapi pegangan tangan yang dapat digunakan untuk menaruh sepeda di luar unit.

Ada pelajaran yang bisa diambil dari desain apartemen ini; perhatikan bahwa terdapat lobi kecil dengan akses ke unit apartemen dengan jalur sepeda yang sudah disediakan dan dilengkapi pegangan tangan yang dapat digunakan untuk menaruh sepeda di luar.

Desain ventilasinya memungkinkan mengurangi bahkan menghilangkan kebutuhan terhadap penggunaan AC.

Desain ventilasi silang apartemen ini juga memungkinkan mengurangi bahkan mungkin malah menghilangkan kebutuhan terhadap penggunaan AC.

Berventilasi besar dan terdapat 2, 3, dan 4 kamar tidur untuk menampung seluruh anggota keluarga.

“Apartemen ini juga menyediakan unit dengan 2, 3, dan bahkan 4 kamar tidur untuk menampung seluruh anggota keluarga. Ya, keluarga yang tidak memerlukan mobil,” kata Eckerson.

Foto: Treehugger.com

Wahyu Ardiyanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini