Sukses


Tips Penting Mendekor Rumah Bagi Wanita Single

Benarkah jika persepsi selama ini, wanita lebih lihai mendekor rumah atau kamar dibandingkan pria?

Liputan6.com, Jakarta Wanita karir dan single biasanya disibukkan dengan kegiatan profesionalnya. Untuk itu, ia tak punya waktu untuk mengatur dekorasi rumahnya.

Karena kesibukannya, wanita lajang lebih senang dengan dekorasi yang simple atau bahkan ada juga yang tidak acuh terhadap kondisi rumah atau kamar mereka.

Apabila mereka memiliki uang lebih, tidak sedikit juga yang akhirnya menyerahkan konsep interior rumah atau kamar mereka kepada seorang desain interior.

Hidup sendiri sekilas memang terlihat sangat sederhana. Apapun bisa diatur sesuka hati. Tapi tunggu dulu! Dalam mendekor rumah, ternyata Anda disarankan untuk sedikit teliti.

 

Sebab setiap bagian rumah baik ruangan maupun furnitur di dalamnya memiliki fungsi yang harus diperhatikan.

Joke Roos, seorang desain interior mengatakan bahwa mendesain rumah yang baik harus dimulai dari fungsi yang ada di bagian rumah itu sendiri. Mengapa? Karena bila dimulai dari fungsi, Anda tidak perlu mengubah dalam waktu cepat.

“Desain rumah yang yang cantik menurut saya adalah konsep yang bisa menua dengan indah. Artinya, apapun modelnya, yang penting bisa bertahan lama,” ujar Joke seperti dilansir dari Rumah.com.

Apabila desain kerap mengalami bongkar pasang, berarti Anda harus siap dengan konsekuensi biaya tambahan, yang bisa jadi jauh lebih besar dibandingkan biaya pertama.

Nah, sebelum menyewa jasa desainer atau meniru desain-desain dari internet, sebaiknya Anda perhatikan beberapa hal penting dalam mendekorasi, seperti dilansir dari popsugar.com:

Perhatikan komposisi di dapur

Rumah yang dimiliki wanita single biasanya berukuran kecil. Termasuk dapur yang ada di dalamnya (sumber: popsugar.com)

Dari seluruh bagian rumah, sepertinya Anda harus jeli dengan fungsi dapur. Memiliki dapur dengan ukuran kecil memang tidak menjadi persoalan.

Namun, yang menjadi persoalan di kemudian hari adalah penataan kitchen set (perlengkapan dapur) mulai dari perlengakapan makan sampai kepada tempat penyimpanannya.

Jadi, buatlah prioritas perlengkapan makan yang hanya cukup untuk diri Anda. Apabila ingin menyimpan perlengkapan makan tambahan, janglah terlalu banyak. Jika terlalu banyak, Anda akan membutuhkan tenaga ekstra untuk mencuci piring dan gelas tersebut.

Bukan hanya masalah tenaga ekstra membersihkannya, tetapi juga tempat menyimpannya. Ingat! dapur Anda tidak terlalu luas untuk menyimpan barang-barang tersebut dalam jangka waktu lama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gunakan cermin besar

 

Penerapan kaca untuk ruangan juga bisa memberikan kesan luas (sumber: popsugar.com)

Karena rumah yang Anda miliki tidak terlalu besar, salah satu trik untuk membuat ruangan terkesan luas adalah dengan menggunakan cermin.

Pilihlah cermin yang berukuran besar. Penempatannya tidak selalu terus Anda letakan di kamar tidur. Tetapi juga bisa diterapkan pada ruang bersantai.

Jangan takut bermain warna

Menerapkan warna pink untuk kitchen set? Wah, ide menarik! (sumber: popsugar.com)

Enaknya jadi wanita adalah mereka ‘bebas’ menggunakan pilihan warna. Beda dengan pria, yang sepertinya ‘haram’ menggunakan warna-warni terang seperti pink, hijau terang, dan sebagainya.

Wanita bebas memilih warna yang disuka. Tidak cuma pink, tetapi juga motif-motif hewan seperti leopard ataupun macan.

Jadi, biar tidak monoton, jangan pernah ragu untuk menerapkan semua aksen warna atau corak yang Anda sukai. Memasang warna pink di dapur? Kenapa tidak?

3 dari 4 halaman

Siapkan 1 spot hiburan

 

Ciptakan spot yang menghibur dan berisi makanan (sumber: popsugar.com)

Satu hal yang harus Anda ingat adalah hidup sendiri bukan berarti hidup sepi. Sesekali teman atau saudara Anda pernah berkunjung ke rumah, untuk sekedar bermain atau arisan kecil-kecilan.

Agar tidak membosankan, Anda sebagai pemilik rumah sebaiknya menyediakan spot (tempat khusus) yang diperuntukan sebagai hiburan.

Tempat khusus tidak selalu ruangan khusus. Tetapi bisa juga berupa meja kecil atau meja dorong yang dapat juga berperan sebagai furnitur.

Di meja, Anda bisa menyimpan sejumlah camilan atau minuman yang bisa disantap oleh Anda atau para tamu. Selain itu, ruang tamu Anda akan terlihat menyenangkan di mata tamu.

Simpan beberapa tanaman hijau di rumah

Unsur warna hijau pada tanaman bisa memberikan kesan teduh dan nyaman (sumber: popsugar.com)

Rumah akan terasa sejuk dan nyaman, bila terdapat tanaman hijau di rumah. Selain sejuk dan nyaman, ruangan rumah Anda juga seperti terdapat kehidupan yang harmoni meskipun hanya ada Anda seorang di rumah.

Selain itu, menurut penelitian, adanya tanaman bisa menjadi penawar stres di tengah kesibukan Anda.

4 dari 4 halaman

Buatlah kamar mandi senyaman mungkin

 

Kamar mandi yang nyaman bisa menjadi ruang favorit Anda di rumah (sumber: popsugar.com)

Ukuran kamar mandi yang kecil bukan berati tidak nyaman. Meski memiliki ukuran terbatas, ruangan ini bisa menjadi ruangan favorit Anda.

Coba perhatikan beberapa ruangan spa di salon-salon ternama tidak terlalu besar dalam ukuran. Tetapi pengunjung akan terasa nyaman saat berada di dalamnya.

Mengapa? Karena pengelola memberikan dekorasi yang super nyaman. Nah, tidak ada salahnya bila Anda sedikit lebih perhatikan dekorasi di kamar mandi agar bisa senyaman spa salon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini