Sukses


Tips Agar Tetap Cantik Setelah Berkebun

Paparan sinar matahari, noda tanah, dan gesekan rumput di kulit dapat menimbulkan gatal dan iritasi. Tangan pun menjadi kasar.

Liputan6.com, Jakarta Bila Anda hobi berkebun – apalagi jika kebunnya cukup luas – tanpa terasa Anda akan menghabiskan waktu seharian karena saking asyiknya. Berkebun memang dapat mengurangi stres, namun tak berarti Anda boleh mengabaikan perawatan kulit selagi berkebun kan?!

Bukan apa-apa, terkadang paparan sinar matahari, noda tanah, dan gesekan rumput di kulit dapat menimbulkan gatal dan iritasi. Tangan pun menjadi kasar akibat cuaca yang terlalu kering.

Jadi sebelum Anda berkebun, lakukan perawatan simpel ini, ya!

Gunakan sarung tangan

Jangan terjebak dengan harga yang supermurah, sarung tangan plastik yang tipis mudah cepat rusak dan tak melindungi tangan Anda dari duri atau rumput yang kasar.

Miliki minimal dua buah sarung tangan andalan yang berbahan lembut dan elastis sehinga Anda tetap nyaman menggunakannya tanpa merasa gerah.

Jika tangan terpapar langsung dengan tanah, bakteri atau cacing akan menempel di tangan serta menyelip di sela-sela kuku.

Gunakan baby oil

Bila Anda merasa tak nyaman dengan sarung tangan dan lebih memilih bertelanjang tangan, hindari kegiatan seperti mencabut rumput atau tanaman besar lainnya.

Selain berisiko menyebabkan kulit tergores, duri atau rumput yang masuk ke sela-sela kulit berpotensi menimbulkan infeksi jika dibiarkan.

Jika sudah begitu jangan langsung mengeluarkan duri atau rumput saat tangan dalam keadaan kotor.

Cuci dahulu tangan Anda, keringkan, lalu oleskan baby oil, dan baru keluarkan duri atau rumput yang masuk ke dalam kulit ari Anda.

Setelah itu oleskan krim tangan yang mengandung antiseptik untuk mencegah infeksi.

Gunakan sunscreen

Meski terlihat berawan atau mendung, tak berarti matahari tidak bersinar. Sinar yang tak terlalu panas ini tetap berisiko merusak kulit Anda dan menyebabkan penuaan dini, seperti kulit keriput.

Untuk mengatasinya, gunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar UV. Gunakan juga topi atau sunglasses untuk mencegah silau dan kerusakan mata.

Gunakan krim antiserangga

Bukan berarti Anda harus menggunakan krim antinyamuk yang aromanya sangat kuat, tapi gunakan krim antiserangga untuk mencegah gigitan nyamuk, kumbang, atau gigitan semut.

Anda boleh juga mengoleskan minyak kayu putih atau minyak tawon sebelum berkebun pada lengan dan kaki Anda karena aroma minyak-minyak ini cenderung dihindari serangga.

Gunakan hand cream

Setelah berkebun, cuci tangan Anda hingga bersih, dan gunakan hand cream. Paparan tanah, rumput, pupuk, bahkan air yang terus-menerus akan membuat kulit menjadi cepat kering dan mengelupas. Bila dibiarkan kulit bisa jadi iritasi dan perih.

Oleskan hand cream setiap kali Anda selesai berkebun.

Sumber: Rumah.com

Foto: Pixabay

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini