Sukses


Sehatkan Kamar Mandi dengan Tanaman Hidup

Tanaman bermanfaat untuk menyegarkan kondisi udara di kamar mandi Anda.

Liputan6.com, Jakarta Jika kamar mandi Anda mendapatkan sinar matahari yang cukup, tak ada salahnya jika Anda menghias salah satu sudutnya dengan tanaman.

Ada beberapa titik di kamar mandi yang bisa digunakan untuk menempatkan tanaman, seperti di dekat wastafel atau bisa juga membuat taman kecil di pinggir kamar mandi.

Tanaman-tanaman ini tentunya tak hanya membuat kamar mandi Anda terasa lebih hidup dan juga indah, tapi juga bermanfaat untuk menyegarkan kondisi udara di kamar mandi.

Seperti dikutip dari Rumah.com, berikut adalah pilihan jenis tanaman yang dapat mempercantik kamar mandi Anda.

Lidah buaya

Letakkan lidah buaya di dalam pot, kemudian tempatkan di dekat bathub. Lidah buaya dipercaya mampu menyerap racun di udara sehingga membuat udara menjadi lebih bersih, segar, sekaligus membantu menghilangkan bau tak sedap. di dalam kamar mandi.

Anda pun bisa langsung memetiknya jika ingin menggunakan sari buahnya sebagai masker rambut.

Devil’s ivy

Nama lainnya sirih gading. Jenis tanaman ini bisa bertahan tanpa harus menggunakan media tanah sebagai tempat tinggalnya. Anda bisa meletakkan batangnya yang berdaun lebat di dalam vas atau stoples yang hanya diisi air bersih.

Ganti airnya setiap 2 hari untuk mencegah timbulnya jentik nyamuk. Letakkan sirih gading di dekat jendela kamar mandi. Salah satu keuntungan lainnya, tanaman ini juga bisa bertahan dengan pencahayaan matahari yang kurang terang.

Bunga aster

Selain indah, bunga aster dapat menghasilkan oksigen lebih banyak sehingga membuat area kamar mandi menjadi lebih segar. Namun, aster cenderung membutuhkan sinar matahari yang cukup.

Jadi sebaiknya keluarkan tanaman ini setiap pagi dan sore untuk mendapatkan sinar matahari, baru sesudahnya Anda bisa meletakkannya kembali di dalam kamar mandi.

Peace lily

Warna daunnya yang hijau pekat kontras dengan bunganya yang berwarna putih bersih membuat peace lily seakan memberikan cahaya lembut di kamar mandi Anda.

Sama halnya dengan aster, peace lily dipercaya memberikan asupan oksigen lebih banyak asal diletakkan di area yang mendapatkan cukup sinar matahari. Sebaiknya letakkan peace lily di dekat jendela kamar mandi atau keluarkan sebentar saat pagi hari.

Philodendron

Sekilas bentuk daunnya mirip dengan daun sirih namun lebih hijau dan tebal. Philodendron juga dapat hidup di dalam vas yang tidak memerlukan tanah, cukup diberikan air bersih saja.

Manfaat lainnya, tanaman ini dapat menyerap polutan di udara sehingga membuat udara tetap nyaman untuk dihirup.

Foto: Pixabay

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini