Sukses


Dubai Bangun Stadion Berteknologi Tinggi

Di Dubai terdapat stadion bola yang unik. Berbentuk seperti mangkuk, bangunan ini ternyata juga ramah lingkungan.

Liputan6.com, Jakarta Lagi, akan dibangun sebuah bangunan unik di Dubai. Kali ini bangunan bukan berupa hotel, apartemen ataupun ritel, melainkan sebuah stadion olahraga.

Maket pembuatan stadiun terbesar dan termegah di Dubai-Uni Emirates Arab (sumber: timeoutdubai.com)

Dilansir dari situs Rumah.com, stadion bernama Mohammed Bin Rashid ini akan memiliki fasilitas tempat duduk sebanyak 60.000 kursi dengan empat bagian.

Pada bagian tingkat atas sebanyak 23.116 buah, bagian sedikit rendah sebanyak 6.688 buah, bagian VIP sebanyak 8.941 buah, dan terakhir untuk VIP Suites sebanyak 1.642 buah.

Stadiun ini bernama Mohammed Bin Radhid yang memiliki 60.000 kursi dengan pembagian empat kursi pada bagian atas, sedikit rendah, VIP Suites dan VIP (sumber: inhabitat.com)

Bangunan ini tidak hanya sebagai stadion sepak bola, tetapi juga menjadi area komunitas olahraga terbesar di Dubai.

Beragam fasilitas tersedia seperti tempat latihan, praktek kesehatan untuk atlet, area pemanasan, area parkir untuk 5.000 mobil, museum, aula serbaguna, restoran, pusat ritel, dan taman umum.

Nama stadion ini diambil dari nama Sheikh Mohammed Bin Rashid, wakil presiden dan perdana menteri Uni Emirat Arab, sekaligus pemimpin Dubai.

Jika dilihat dari luar, stadiun ini menyerupai mangkok (sumber: inhabitat.com)

Keunikan utama dari stadion ini adalah bentuk bangunan yang menyerupai mangkok yang terlihat seperti muncul dari permukaan tanah. Selain unik, bangunan ini juga ramah lingkungan.

Menurut firma arsitektur internasional Perkins+Will, arsitek bangunan ini, ada beberapa strategi yang harus dipikirkan supaya bangunan tetap kokoh di area yang berpasir dan memiliki suhu yang tinggi, yakni dengan mensiasati ventilasi.

Tidak hanya sebagai stadion bola, di dalamnya nanti juga ada ritel dan pusat kebugaran lainnya (sumber: timeoutdubai.com)

Stadion ini nantinya, akan dibungkus dengan fasad berongga yang yang dilengkapi panel-panel berbentuk seperti sirip yang berfungsi sebagai solar shading, atau pelindung dari sinar matahari.

Stadion ini didesain sesuai dengan standar FIFA (organisasi bola internasional), sehingga layak untuk menyelenggarakan ajang sepak bola berskala internasional.

Adanya fasad permeabel outfitted ini bisa menjadi ventilasi alami (sumber: timeoutdubai.com)

Stadion direncanakan rampung pada tahun 2017, bersamaan dengan kompetisi bergengsi di Dubai, Future Sport Competition.

Jadi, apabila pengunjung duduk menyaksikan pertandingan di dalam stadion tidak perlu risau karena memiliki fitur air ganda yang bisa berperan sebagai pendingin dan pemanas secara otomatis.

Feature picture: inhabitat.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.