Sukses


Cukup Tiga Menit Basmi Kuman di Toilet!

Membersihkan toilet bisa jadi merupakan pekerjaan di rumah yang paling menyebalkan bagi banyak orang, namun harus dilakukan secara rutin.

Liputan6.com, Jakarta Membersihkan toilet bisa jadi merupakan pekerjaan di rumah yang paling menyebalkan bagi banyak orang. Eh, benda ini termasuk yang menyimpan kuman paling banyak di kamar mandi loh! Jadi tentu saja harus rutin dibersihkan.

Ahli pembersih Melissa Maker seperti dikutip dari Rumah.com menjabarkan produk dan peralatan yang dibutuhkan untuk membersihkan toilet dengan cepat dan efektif. Dan Anda bisa simak panduannya berikut ini.

Peralatan yang dibutuhkan:

1. Sarung tangan plastik

Siapkan sarung tangan khusus yang tidak digunakan untuk membersihkan bagian lain pada rumah seperti dapur atau perabotan kamar mandi.

Gunakan warna yang berbeda agar tidak tertukar penggunaannya.

2. Sikat gigi

Anda bisa menggunakan yang lama atau yang baru. Hanya pastikan digunakan khusus toilet saja.

3. Cairan pembersih serba guna

Jika tidak punya bisa Anda buat sendiri dengan menyampurkan 1 sdm sabun cuci piring dengan 1 gelas air. Atau sesuaikan dengan ukuran botol semprot di rumah.

4. Cairan pembersih porselen atau toilet

Kandungan cairan jenis ini khusus digunakan untuk membersihkan kotoran yang menempel, lumut, serta menghilangkan bakteri di toilet.

5. Kertas tisu

Siapkan beberapa kertas tisu yang cukup tebal untuk membersihkan toilet. Setelah itu Anda bisa langsung membuangnya.

Pastikan untuk membuang kertas tisu bekas pakai di tempat sampah, jangan ke dalam toilet.

6. Sikat khusus pembersih toilet

Anda memerlukan sikat khusus ini untuk menggosok bagian dalam toilet yang biasanya susah terjangkau jika dibandingkan menggunakan sikat biasa.

Anda bisa mencarinya di toko perkakas yang menjual peralatan rumah tangga.

Lakukan secara berkala untuk menjaga kebersihannya.

Langkah-langkah membersihkannya:

1. Semprotkan cairan pembersih serbaguna ke seluruh bagian toilet

Mulai dari atas hingga bawah, meliputi bagian flush, penutup, bagian dalam dan luar toilet. Pastikan tidak ada bagian toilet yang luput disemprot. Diamkan beberapa saat agar kotoran dapat luntur.

2. Semprotkan cairan pembersih porselen atau toilet ke bagian bawah

Biasanya cairan pembersih jenis ini memiliki moncong berbentuk sudut yang dapat digunakan untuk menjangkau bagian dalam toilet. Semprotkan merata dengan perlahan agar tidak ada bagian yang terlewati.

3. Lap toilet dengan kertas tisu

Mulai lap seluruh bagian toilet dengan kertas tisu dari bagian atas, balik dan lap bagian lain. Jika sudah cukup kotor, ganti kertas tisu dengan yang baru.

Lakukan hal serupa untuk bagian lain seperti tempat duduk dan bagian bawah toilet.

4. Ambil sikat gigi dan semprotkan sedikit pembersih serbaguna

Sikat gigi berguna untuk membersihkan bagian-bagian sudut seperti di engsel bagian tutup toilet dan dibawahnya yang tidak terjangkau oleh sikat biasa.

5. Gunakan sikat khusus pembersih toilet

Gosokkan bagian dalam toilet dengan sikat khusus. Tapi jangan gosok terlalu keras.

6. Terakhir, taruh sikat di atas toilet kemudian siram

Cara ini digunakan untuk membersihkan sikat sehingga Anda tidak perlu membersihkan sendiri. Selipkan sikat di antara tempat duduk toilet kemudian tekan tombol siram.

Selesai!

Membersihkan toilet kini jadi pekerjaan yang mudah kan?! Lakukan secara berkala untuk menjaga kebersihannya.

Foto: Cleanmyspace.com

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.