Sukses


Cara Mudah Desain Walk In Closet Sendiri

Jika Anda bingung dengan cara penataannya, simak tips dan langkah-langkah merancang walk in closet berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian orang memilih untuk “angkat tangan” ketika diminta untuk merapikan rumahnya. Khususnya bagi mereka yang hobi mengoleksi barang-barang tapi tidak punya ruang penyimpanan yang cukup. Hasilnya, rumah menjadi penuh sesak dan terkesan berantakan.

Padahal, ada cara sederhana yang bisa Anda coba untuk menyulap rumah menjadi lebih rapi dalam sekejap. Jawabannya, buat walk in closet sendiri! Walk in closet adalah sebuah ruang atau pojok khusus yang dipenuhi rak dan gantungan baju untuk menyimpan semua koleksi barang Anda.

Dengan membuat walk in closet di kamar tidur, Anda punya ruang yang lebih lega untuk rumah Anda. Dijamin akan menghemat ruang dan waktu pencarian benda. Jika Anda bingung dengan cara penataannya, simak tips dan langkah-langkah merancang walk in closet berikut ini, seperti dikutip dari Rumah.com (tips: siapkan waktu senggang di akhir pekan karena tugas ini akan menyita waktu cukup lama!).

Langkah awal: Bagi ruangan menjadi tiga sisi berbeda

Karena luasnya yang terbatas, Anda harus kreatif mendesain setiap sudut ruangan sefungsional mungkin. Fungsinya agar mudah diakses ketika mencari benda sehari-hari. Selain itu tambahkan laci dan gantungan baju untuk memudahkan display barang.

walk in closet Sumber: Easyclosets

Sisi kiri

Untuk bagian kiri, yaitu sisi A, letakkan baju dan pakaian lipat di bagian paling atas. Kemudian untuk pakaian yang mudah kusut, gantung jaket, celana panjang dan kemeja di rel gantung menggunakan bantuan hanger.

Terakhir, untuk pakaian kotor, taruh di ranjang pakaian yang disembunyikan di balik laci tertutup. Ini adalah cara untuk membuat area walk in closet terlihat lega dan rapi.

Sisi tengah

Beralih ke bagian tengah, gunakan laci tertutup yang bertumpuk untuk menyimpan pakaian dalam dan aksesoris secara rapi. Aksesoris berukuran kecil seperti selendang, dasi dan lain sebagainya juga bisa disimpan di laci kecil ini sesuai bagiannya.

Untuk bagian pojok kanan dan kiri, Anda bisa menggantungkan pakaian berukuran panjang seperti dress, rok panjang dan kerudung (scarf).

Sisi kanan

Untuk bagian kanan, letakkan bagian atas untuk menyimpan pakaian yang jarang dipakai. Seperti jaket tebal, seprai, tirai gorden dan selimut. Tas bepergian seperti koper juga bisa Anda simpan di rak paling atas.

Di sisi kanan dan kiri, Anda bisa menyimpan koleksi sepatu dan tas yang ditata sesuai gradasi warnanya. Ini akan mempermudah dan menghemat waktu pencarian Anda di pagi hari yang sibuk!

Jika masih ada area kosong yang tersisa, simpan koleksi benda lain misalnya buku yang disimpan rapi dalam kardus.

Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini