Sukses


Cara Cerdik Usir Cicak Nakal

Beberapa kebudayaan tradisional di Indonesia mempercayai bahwa kejatuhan cicak merupakan pertanda buruk bagi orang yang bersangkutan.

Liputan6.com, Jakarta Meski tidak sekotor kecoa atau tikus, kehadiran cicak tetap saja mengganggu. Pasalnya kotoran cicak di sudut ruangan rumah kerap menimbulkan bau tak sedap dan membuat lantai menjadi kusam serta kotor.

Beberapa orang merasa geli dan jijik terhadap cicak. Tekstur kulit yang berwarna pucat dari hewan sebangsa kadal ini menjadi penyebabnya.

Di luar itu, beberapa kebudayaan tradisional di Indonesia mempercayai bahwa kejatuhan cicak merupakan pertanda buruk bagi seseorang.

Nah, agar cicak tak betah di rumah, silahkan Anda coba cara yang dinukil dari Rumah.com berikut ini.

Gunakan kapur barus

Kapur barus atau kamper yang biasanya Anda gunakan untuk mengharumkan kamar mandi atau lemari pakaian, bisa Anda gunakan untuk mengusir cicak karena baunya yang menyengat.

Ambil beberapa butir kamper berukuran kecil lalu tempatkan di sudut ruangan, belakang lemari, atau dekat plafon. Dengan begitu, cicak pasti enggan berlama-lama di dalam rumah Anda.

Bersihkan rumah Anda

Salah satu penyebab cicak menyukai rumah Anda adalah karena banyaknya serangga di dalam rumah. Jadi, bersihkan setiap sudut langit-langit rumah agar bebas dari sarang laba-laba.

Selanjutnya, semprotkan obat nyamuk ke kolong tempat tidur, lemari, dan belakang lemari setelah dibersihkan agar bebas nyamuk. Jangan lupa bersihkan bak cuci piring, karena aroma makanan akan memancing cicak untuk datang.

Sejukkan ruangan

Cicak membutuhkan udara yang hangat untuk meningkatkan suhunya sehingga ia cenderung menyukai ruangan yang berhawa hangat.

Agar cicak tak betah di dalam rumah Anda, ciptakan suasana yang sejuk. Misalnya dengan menurunkan sedikit temperatur air cooler atau AC rumah Anda.

Bersihkan sisa makanan

Jangan membiasakan membiarkan makanan sisa di atas meja makan atau dapur. Simpan sisa makanan di dalam wadah tertutup dan segera bersihkan remah-remahnya.

Sisa makanan selalu menarik perhatian cicak, dan membiarkan makanan tak tertutup di meja sama saja dengan mempersilakan cicak berpesta di meja makan Anda.

Remah makanan yang berserakan juga akan mengundang semut yang nantinya akan menjadi santapan cicak.

Gunakan aroma terapi

Harumkan ruangan dengan aroma terapi atau pengharum ruangan yang memberikan kesan dingin, misalnya dengan aroma kayu. Ruangan yang harum tak disukai cicak, sehingga ia akan memilih meninggalkan rumah Anda.

Foto: Pixabay

 

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.