Sukses


Bersihkan Rumah? Jangan Lewatkan Lima Benda Ini

Beberapa benda yang kecil dan mungkin juga tak diangggap penting, biasanya akan luput dari perhatian.

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan orang umumnya hanya membersihkan area atau barang yang terlihat dan berukuran besar. Sedangkan beberapa benda yang kecil dan mungkin juga tak diangggap penting, biasanya akan luput dari perhatian.

Benda-benda kecil, terutama yang berbahan kaca, memang jarang terlihat kotor. Karena itu, kebanyakan orang melewatkannya saat membersihkan rumah.

Dirangkum dari Rumah.com, berikut ini adalah sejumlah benda yang mungkin harus Anda beri perhatian lebih saat membersihkan hunian kesayangan.

Stoples kue

Sisa remah-remah makanan pada stoples dapat mengundang kecoa dan semut

Setelah hari raya usai, kue-kue kering di dalam stoples tentunya tak langsung habis. Anda dan keluarga memakannya sedikit demi sedikit sehingga sisa kue pun dibiarkan di dalam stoples.

Masalahnya begitu kue habis, dan di dalam stoples hanya tersisa remah-remah, Anda cenderung tak langsung membersihkannya. Biasanya stoples baru dibersihkan ketika Anda hendak menggunakannya kembali. Padahal stoples kotor akan menjadi lokasi favorit kecoa dan semut.

Frame foto

Bersihkan frame foto secara berkala agar foto yang dipajang selalu tampak indah

Akibat terlihat tetap mengilap, frame foto yang terpasang di dinding kadang tanpa sadar Anda biarkan hingga debunya menempel tebal. Padahal debu dan kotoran ini akan membuat frame menjadi cepat kusam.

Bersihkan plastik atau kaca yang melapisi foto Anda serta frame dengan kain kering atau kemoceng. Setelah itu, sapu lantai yang ada di bawahnya.

Gelas sikat gigi

Perhatikan selalu kebersihannya agar tidak mengundang hadirnya bakteri

Cek kondisi wastafel Anda. Bisa jadi porselen wastafel tetap bersih dan mengilap, tapi apakah wadah sabun dan sikat gigi Anda juga bersih? Biasanya sih orang mengganti sikat gigi setiap 3 minggu tapi tak pernah mencuci wadah atau gelas sikat giginya.

Padahal sisa air dan odol yang masih menempel akan menimbulkan kerak dan bakteri di wadah sikat.

Bakteri ini pun dapat mengotori sikat gigi Anda dan berpindah ke dalam mulut serta saluran pencernaan yang dapat memicu diare.

Bersihkan wadah sabun dan sikat gigi dengan spons setiap minggu saat Anda membersihkan kamar mandi.

Kipas angin

Dari kipas angin yang terawat kebersihannya tentunya akan menghasilkan udara yang segar

Memang butuh effort bila Anda ingin membersihkan kipas angin yang terpasang di langit-langit, kipas angin duduk, atau kipas angin yang ditempelkan di dinding.

Anda harus melepaskan penutup baling-balingnya dan baru dapat membersihkannya.

Kerepotan yang ditimbulkannya pun membuat benda ini jadi kerap ditunda pembersihannya.

Padahal kipas atau baling-baling yang berdebu justru akan membuat debu di kipas menyebar ke penjuru ruangan. Bersihkan kipas dengan lap basah lalu basuh kembali dengan lap kering.

Lampu gantung

Debu bisa mempengaruhi kualitas pancaran cahaya dari sebuah lampu

Sejak era lampu gantung kristal yang digunakan orangtua Anda hingga lampu gantung minimalis yang kini Anda gunakan, pasti lampu tersebut jarang Anda bersihkan. Biasanya Anda baru ingat untuk mengelapnya menjelang hari raya saja.

Kotoran dan debu tentunya akan membuat cahaya lampu jadi redup, sehingga akan lebih baik jika Anda bersihkan sebulan sekali.

Simak juga Tips Membersihkan Rumah dari Para Pakar.

Foto: Pixabay, HGTV

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini