Sukses


Denah Rumah 'Colorful' Bisa Menarik Konsumen di Depok

Salah satu cara menilai baik atau tidaknya sebuah rumah saat membeli, adalah dengan memperhatikan contoh denah rumah tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Salah satu cara menilai baik atau tidaknya sebuah rumah saat membeli, adalah dengan memperhatikan denah rumah tersebut.

Setidaknya terdapat tujuh poin penting yang harus Anda pertimbangkan saat membaca denah rumah, antara lain membayangkan masuk ke area rumah, berjalan di sekitar denah, periksa sirkulasi gerak, fokus pada ruang keluarga, jangan abaikan kamar tidur, periksa dimensi setiap ruangan, dan perhatikan area-area penting di sekitar.

Denah rumah adalah perencanaan arsitektur tempat tinggal idaman yang disesuaikan dengan kondisi tanah yang tersedia.

Denah rumah sendiri memiliki 3 fungsi penting yakni sebagai pedoman dalam menghitung perkiraan rencana anggaran biaya bangunan (RAB), pedoman pelaksanaan pembangunan agar sesuai dengan harapan dalam perencanaan, dan pedoman dalam manajemen bangunan seperti penentuan jalur evakuasi ketika terjadi bencana, penjelasan lokasi berdiri dan melakukan pemelihaaraan bangunan.

 

Menurut Indra Eryanto, pengembang perumahan Cluster Galaksi Asri, peran denah sangat membantu konsumen yang mencari rumah dari internet.

“Konsumen mungkin, melihat kali pertama pada bentuk fasad rumah. Tapi setelah itu, mereka akan melihat denah rumah tersebut.Itu sebabnya, pengembang harus pintar-pintar memberikan visualisasi denah yang mudah dimengerti oleh konsumen,” ujar Indra seperti dikutip dari Rumah.com.

Uniknya, saat ini konsep denah, sudah tidak lagi hanya sekedar garis dan angka.

“Konsumen justru semakin pusing jika melihat garis dan angka saja. Konsumen lebih paham, bila denah rumah juga dibuat dengan keterangan penempatan furnitur umum yang kerap digunakan,” tambahnya.

Rumah yang baik adalah hasil rumah sama persis dengan denah yang ditawarkan. Berikut contoh denah rumah yang dibuat colorful dan mudah untuk divisualisasikan kepada konsumen:

Denah rumah Cluster Galaksi Asri Depok seharga Rp525 juta.

Tampak fasade perumahan Cluster galaksi asri Tipe 36, luas tanah 72m.

Interior kamar tidur Cluster Galaksi Asri.

Interior ruang tamu dan ruang makan Cluster Galaksi Asri Depok.

Denah rumah selain dibuat menjadi berwarna dan menarik, juga harus dibuat sangat detail khususnya untuk membedakan area publik dan privat.

Tidak hanya itu, fasilitas yang diperoleh konsumen dari pengembang juga patut divisualisasikan.

Dengan begitu, konsumen sudah paham tanpa harus menanyakan setiap rinci ruangannya. Berikut ini contoh-contoh desain denah rumah yang colorful yang mudah dipahami oleh konsumen.

Perumahan Puricom Depok

Denah rumah untuk tipe rumah 2 lantai di Puri Primacom ini selain menggunakan garis dan angka juga menggunakan keterangan ruangan.

Perumahan Paradesa Cinere.

Denah rumah untuk tipe 95/85 di Perumahan Paradesa Cinere.

Tampilan interior ruang tamu rumah Paradesa Cinere.

Interior ruang tidur di Perumahan Paradesa Cinere.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini