Sukses


Cara Mudah Bersihkan Celah yang Sulit Dijamah

Sebenarnya, membiarkan kotor tempat-tempat tersembunyi malah membuat kuman dan bakteri menumpuk di rumah Anda.

Liputan6.com, Jakarta Jujur saja, pasti ada beberapa barang atau lokasi yang biasanya Anda lewatkan untuk dibersihkan. Alasannya, areanya tak tergapai, jadi lebih baik menunggu orang lain saja yang membersihkannya.

Sebenarnya, membiarkan tempat-tempat ini kotor malah membuat kuman dan bakteri menumpuk di rumah Anda.

Jangan heran jika nantinya anggota keluarga Anda mudah terserang alergi atau flu. Agar hal itu tak terjadi pada Anda, cobalah cara mudah yang dinukil dari Rumah.com ini.

Keyboard laptop

Tak jauh beda dengan ponsel Anda, laptop merupakan barang yang sering Anda sentuh. Di sekitar keyboard bukan hanya debu yang berkumpul di sela-selanya, tapi juga minyak dan serpihan camilan yang Anda makan saat bekerja.

Cara bersihkan: gunakan slime—mainan anak terbuat dari bahan yang kenyal—lalu tempelkan pada keyboard Anda.

Ratakan dan diamkan menempel hingga 5-6 detik dan angkat kembali. Cara lainnya, gunakan post-it terutama bagian yang lengketnya lalu usapkan ke sela-sela huruf di keyboard. Debu dan kotoran lainnya akan menempel di post-it itu.

Vertical blind (krei)

Blind atau penutup jendela yang seperti terdiri atas beberapa papan tipis jelas tak bisa dicuci layaknya tirai kain. Anda harus membersihkan setiap bagiannya jika ingin bebas debu.

Cara bersihkan: Ambil penjepit kue lalu bungkus setiap gagangnya dengan handuk atau lap yang akan Anda gunakan untuk membersihkan blind. Anda pun dapat langsung membersihkan blind bahkan hingga bersih kedua sisinya.

AC mobil

Percuma saja jika Anda sering membenahi AC mobil di bengkel tapi saluran keluarnya udara sejuk di dalam mobil tak pernah Anda bersihkan. Berarti Anda sama saja dengan mengisap debu.

Cara bersihkan: Gunakan kuas makeup yang tak lagi Anda gunakan untuk membersihkan ventilasi AC hingga ke bagian dalamnya. Hindari menggunakan lap basah karena malah membuat salurannya lembap dan menimbulkan jamur.

Bagian dalam mobil

Dashboard mobil memiliki lekukan yang detail, seperti lekukan dekat setir atau di sekitar pemutar musik. Area dashboard ini tak luput dari debu terutama jika Anda menggunakan mobil setiap hari. Sekilas kadang tak terlihat tapi begitu terpapar sinar matahari, Anda akan melihat debu yang beterbangan.

Kondisi mobil yang berdebu juga memicu masuknya nyamuk dan kecoa ke dalam mobil Anda.

Cara bersihkan: Gunakan cotton bud untuk membersihkan sela-sela lekukan di sekitar dashboard. Usap dashboard dengan handuk kering minimal seminggu sekali. Vacuum jok mobil setiap kali mobil dicuci. Ingat, kotoran dari mobil pun dapat menular ke dalam rumah Anda.

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.