Sukses


Trik Gampang Bikin AC Tetap Dingin di Rumah

Tinggal di Indonesia yang beriklim tropis, terutama dataran rendah seperti Jakarta, rasanya tak mungkin jika Anda bisa hidup tanpa AC.

Liputan6.com, Jakarta Tinggal di Indonesia yang beriklim tropis, terutama wilayah dataran rendah seperti Jakarta, rasanya tak mungkin jika Anda bisa hidup tanpa AC.

AC atau penyejuk ruangan memang membuat suasana lebih nyaman. Tidak hanya saat beraktivitas di siang hari, saat tidur pun akan lebih nyaman jika udara di dalam kamar terasa sejuk dan dingin.

Masalahnya, ketika cuaca di luar rumah cukup tinggi suhunya, AC pun seakan ikut berkurang kemampuannya. Suhunya tak lagi dingin, sehingga Anda menurunkan suhunya. Padahal, menyalakan AC dengan suhu di bawah 20°C membuat daya listrik menjadi lebih boros. Lebih baik lakukan trik ini.

Nyalakan kipas angin secara bersamaan

Betul, untuk beberapa saat—tak lebih dari dua jam—nyalakan AC dan kipas angin bersamaan. Embusan angin dari kipas akan membantu menyebarkan udara sejuk yang ditiupkan AC Anda. Setelah cukup sejuk, matikan kipas angin agar suhu di dalam kamar tak terlalu dingin.

Jaga jarak alat elektronik dengan AC

Jauhkan alat elektronik dan barang lainnya yang menyebarkan panas seperti lampu, TV, dan komputer dari AC. Rasa panas dari alat tersebut akan membuat AC harus bekerja lebih keras untuk menyejukkan ruangan.

Cek kondisi ventilasi dan kompresor AC

Pastikan saluran udara AC dan kompresornya tidak tertutup benda lain yang ada di depannya. Kondisi ini akan membuat udara yang dikeluarkan AC menjadi lebih tinggi suhunya sehingga Anda pun kegerahan.

Jadi, meski menjemur pakaian dengan meletakkannya di atas kompresor memang membuat pakaian cepat kering, sebaiknya hindari cara ini.

Bersihkan penyaring udara

Tanpa perlu menunggu jasa servis AC, bersihkan penyaring udara di dalam AC setiap bulan dan perhatikan kondisi selang pembuangan airnya. Pastikan selang tidak mengalami kebocoran dan tetap mengeluarkan air.

Lapangkan ruangan

Singkirkan barang-barang yang tidak Anda gunakan di dalam kamar. Masukkan pakaian yang menggantung ke dalam lemari, keluarkan meja atau lemari yang terlalu besar untuk kamar Anda, dan rapikan rak dinding kamar Anda.

Kamar yang lapang dan tak sempit akibat terlalu penuh oleh barang akan terasa lebih sejuk.

Foto: Pixabay

Sumber: Rumah.com

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.