Sukses


Cara Gampang Atasi Kabel Berserakan

Kabel yang berserakan memang membuat rumah tampak semrawut, mengundang debu dan sarang laba-laba.

Liputan6.com, Jakarta Walaupun rumah Anda terlihat sangat bersih, sekumpulan kabel yang kusut dengan mudah dapat membuat ruangan di rumah Anda terlihat berantakan dan tidak teratur.

Kabel yang berserakan memang membuat rumah tampak semrawut. Selain itu, kabel-kabel tersebut juga mengundang debu dan sarang laba-laba.

Buat rumah Anda terhindar dari ketidak teraturan dengan tips-tips berikut yang dirangkum oleh Rumah.com.

Berikan tanda

Beri label

Tantangan terbesar dalam menyembunyikan kabel-kabel tersebut adalah bagaimana membuatnya terurai. Yang pertama dilakukan adalah cabut kabel tersebut dari colokan dan cari ujungnya.

Jika sudah ditemukan, tandai dengan menggunakan klip atau tuliskan nama menggunakan kertas selotip, rekatkan mengelilingi kabel tersebut.

Cara seperti ini bisa sedikit merepotkan namun dapat menghindarkan Anda dari mencabut kabel tertentu yang seharusnya tidak dimatikan secara tiba-tiba.

Gunakan klip

Gunakan penjepit kertas.

Cara selanjutnya untuk menyembunyikan uraian kabel di rumah adalah dengan membuatnya menjadi teratur dan tersimpan dengan baik.

Gunakan klip untuk merapikan susunan kabel atau tali kawat untuk membantu mengontrol agar kabel tidak mudah kusut. Selain klip atau tali kawat, Anda juga bisa menggunakan perekat berbahan velcro.

Bungkus kabel

Jika tidak memungkinkan untuk menyembunyikan beberapa bagian dari salah satu kabel di dinding rumah, beli salah satu pembungkus kabel berbentuk spiral yang biasanya dijual di toko listrik.

Pilih warna pembungkus yang sesuai dengan warna dinding sehingga tidak akan terlihat mencolok.

Bawa ke atas

Jangan biarkan kumpulan kabel-kabel berserakan di bagian bawah lantai. Kumpulan kabel dapat mengundang endapan debu, belum  lagi tidak sedap dipandang.

Jika memungkinkan, singkirkan kabel-kabel tersebut dari lantai dan pindahkan ke atas. Beberapa merk menjual peralatan pelindung kabel listrik yang biasanya di letakkan di dinding.

Bisa juga gunakan sumber listrik yang berdekatan dengan peralatan elektronik sehingga tidak ada kabel yang terurai.

Gunakan selotip

Selotip bisa membuat kabel saling menempel, sehingga terlihat lebih rapi.

Selotip transparan sangat bermanfaat karena bisa menahan suatu barang di satu tempat. Anda bisa menggunakan selotip jenis ini untuk menempelkan kaber di salah satu kaki meja atau sejenisnya.

Pindahkan kabel-kabel ke bagian belakang meja, atau area lain dimana tidak terlihat jelas dari luar, dekatkan alur kabel mengikuti arah kaki meja.

Namun jika ingin mempercantik penampilan Anda juga bisa menggunakan selotip berwarna yang menempel di bagian bawah kaki meja.

Perhatikan selama beberapa waktu apakah selotip tersebut tidak merekat sekuat di awal pemasangan sehingga harus menggantinya dengan selotip yang baru.

Gantungkan

Buat tempat gantungan di bagian belakang salah satu perabotan tempat Anda menaruh barang elektronik dan tata kabel-kabel yang menjuntai di tempat yang sudah disediakan tersebut.

Gunakan barang elektronik wireless

Saatnya beralih ke teknologi wireless.

Di era digital seperti ini, mulai banyak barang elektronik yang memilih untuk tidak memiliki kabel seperti laptop. Gunakan barang-barang seperti ini untuk memudahkan penyimpanan dan membersihkan tampilan rumah.

Foto utama: Pixabay

Foto artikel: Apartmenttherapy

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini