Sukses


Daftar Rumah Dekat Stasiun Commuter Line di Depok

Tidak sedikit pencari properti pemula di Rumah.com yang menanyakan daftar hunian mana saja di Depok yang mudah menjangkau akses stasiun.

Liputan6.com, Jakarta Tidak sedikit pencari properti pemula, yang menanyakan daftar hunian mana saja di Depok yang mudah menjangkau akses stasiun commuter line.

Dilansir dari Rumah.com, pencari properti pemula (first time buyer) biasanya didominasi oleh kaum muda yang berusia sekitar 27 tahun – 34 tahun.

Karakteristik demografi mereka terbilang beragam. Namun kendati begitu, baik wanita maupun pria memiliki latar belakang yang serupa, yakni sama-sama merupakan pekerja ibu kota yang mendambakan hunian bebas macet dan mudah menjangkau tempat kerja.

Itu sebabnya, mengapa Depok sebagai kota satelit terdekat dinilai memiliki pilihan properti yang bervariasi.

Sebanyak empat stasiun commuter line, dirasa cukup untuk menggolongkan Depok sebagai kategori kota yang menarik untuk diincar sebagai tempat tinggal. Empat stasiun tersebut antara lain, Depok Lama, Depok Baru, Pondok Cina, dan Universitas Indonesia.

Menurut Harri Purnama selaku pengembang dan arsitek dari PT. Ciki Mitra Propertindo Ciki Group, keempat stasiun tersebut berada dalam lokasi yang tidak jauh satu sama lain.

Uniknya, untuk menuju stasiun-stasiun tersebut, tidaklah sulit. Sebab, di Depok memiliki akses jalan alternatif yang bervariasi. Sehingga, masyarakat tidak terpaku oleh satu akses jalan saja.

“Salah satu lokasi yang banyak memiliki alternatif jalan adalah Depok Timur. Dari Depok Timur sedikitnya terdapat dua pilihan jalan untuk bisa menuju Margonda, antara lain Jalan Tole Iskandar dan Jalan Kejayaan yang bermuara di Jalan HR. Juanda. Kelebihannya, kedua jalan tersebut bisa menjangkau stasiun commuter line,” ujar Harri.

“Bila mereka melalui Jalan Tole Iskandar, maka stasiun terdekat adalah Stasiun Depok lama dan Depok Baru. Sedangkan, Jalan HR. Juanda, lebih dekat dengan stasiun Pondok Cina dan Universitas Indonesia,” paparnya.

Perumahan yang beruntung memiliki akses jalan bervariasi tersebut adalah Perumahan Bunga Geulis 2 yang ada di Jalan Kerinci (Bojong Lio RRI Depok 2). Dari perumahan tersebut, Anda bisa menjangkau empat stasiun commuter line.

Dari keempat stasiun, jarak terdekat dari Perumahan Bunga Geulis 2 adalah Stasiun Depok Lama. Jarak keduanya terpaut 6,4 kilometer atau sekitar 23 menit. Kemudian, disusul dengan Stasiun Depok Lama dengan selisih 4 menit lebih lama dengan estimasi waktu sekitar 25 menit.

Perumahan lain, yang juga dekat dengan stasiun commuter line adalah Perumahan Trevista Cijantung.

Meskipun namanya Cijantung, perumahan ini sebenarnya berada di wilayah perbatasan Depok dan Jakarta Timur.

Berdasarkan penelusuran Rumah.com, perumahan ini berada di Kecamatan Cimanggis. Persisnya, di Jalan Camar yang ada di Komplek Hankam Brimob Kelapa 2 Depok.

Serupa dengan Perumahan Bunga Geulis 2, Trevista Cijantung juga bisa menjangkau dua stasiun di Depok dan Jakarta. Dua stasiun di Depok antara lain, Universitas Indonesia dan Pondok Cina. Sedangkan di Jakarta adalah Stasiun Lenteng Agung dan Universitas Pancasila.

Karena tergolong dekat, tidak heran bila lokasi Kelapa 2 Depok, banyak dilirik oleh pengembang perumahan. Sehingga, ini dapat mendongkrak harga penjualan properti di sana. Tidak heran, bila rumah-rumah yang ada di Kelapa 2 Depok, sudah mencapai angka Rp1 miliar.

Tapi, tunggu dulu!

Hunian di Depok dekat stasiun commuterline yang memiliki harga terjangkau pun masih tersedia. Hunian tersebut berupa high rise (apartemen) yang ada di jantung Kota Depok (Margonda).

Karakteristik hunian di Jalan Margonda memang sedikit berbeda dengan lokasi lain di Depok. Di Margonda lebih banyak tersedia apartemen dibandingkan rumah.

Hal tersebut dikarenakan, lahan di Margonda tergolong padat. Selain itu, di sana juga sudah diproyeksikan sebagai hunian vertikal oleh pemerintah setempat.

Keuntungan tinggal pada hunian vertikal di Margonda adalah sangat dekat dengan akses stasiun commuterline dan juga dekat dengan fasilitas umum seperti rumah sakit dan pusat perbelanjaan.

Dua apartemen yang berlokasi dekat dengan stasiun commuter line di Depok antara lain Apartemen Grand Zam-zam Tower dan Margonda Residence 4.

Meski kedua apartemen tersebut berada di titik lokasi yang berbeda. Namun, keduanya sangat dekat dari Stasiun Depok Baru. Apartemen Grand Zam-zam Tower dan Stasiun Depok Baru terpaut 450 meter. Sedangkan, Apartemen Margonda Residence berada sekitar 2,2 kilometer atau setara dengan 8 menit lama waktu perjalanan.

Tidak heran, bila menurut pengembang kedua apartemen tersebut sangat diminati baik mahasiswa maupun pekerja muda yang tidak mau bersusah payah menuju tempat beraktivitas

Feature picture: Perumahan Trevista Cijantung

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini