Sukses


Kiat Untung Buat Kosan di Rumah Pribadi

Melihat peluang bisnis kontrakan yang menggiurkan, tidak ada salahnya “bisniskan” rumah Anda untuk menghasilkan pemasukan pasif.

Liputan6.com, Jakarta Punya rumah di lokasi strategis, seperti dekat perkantoran, pabrik industri atau perguruan tinggi bisa memberikan keuntungan tersendiri bagi Anda. Ya, disewakan saja!

Tempat kos tidak melulu harus terdiri dari banyak kamar. Rumah dengan dua atau tiga kamar tidur pun sudah bisa dimanfaatkan untuk tempat kos.

Tidak perlu menyewakan unit rumah sepenuhnya, Anda masih bisa berbagi dengan penyewa dengan menyulap sebagian ruang menjadi unit kos.

Meski begitu, ada banyak kekurangan dan kelebihan dari berbagi unit hunian dengan para penginap kos.

Mulai dari risiko keamanan, sampai dengan kenyamanan bertempat tinggal. Namun melihat peluang bisnis kontrakan yang menggiurkan, tidak ada salahnya mencoba “bisniskan” rumah Anda untuk menghasilkan pemasukan pasif bulanan.

Untuk lebih memaksimalkan keuntungan dari bisnis indekos di hunian pribadi, simak beberapa tips yang dikutip dari Rumah.com berikut ini.

(Baca Juga: Tips Sebelum Membuat Rumah Kost)

  1. Hitung berapa tarif sewa yang pas

    Umumnya mereka yang pertama kali menyewakan unit properti masih belum dapat menentukan tarif yang pas. Sebagian ada yang berpikir kalau tarif sewa harus mampu menutup biaya cicilan bulanan (untuk rumah yang masih dalam proses cicilan KPR).

    Padahal sebenarnya setiap daerah punya tarif yang berbeda-beda, sesuai dengan spesifikasi kamar dan fasilitas kos yang disediakan.

    Jika ingin mematok harga kos bulanan yang cukup tinggi, Anda bisa memberikan jasa tambahan misalnya gratis cuci laundry atau sarapan.

    Intinya lakukan dulu riset harga sewa dengan cara bertanya kepada orang sekitar atau melakukan riset lewat website sewa properti.

  2. Menyeleksi calon pengontrak

    Memilih penyewa yang tepat akan memberi Anda banyak keuntungan. Anda bisa memilih penyewa yang tidak jorok, punya kemauan menjaga fasilitas bersama, dan menghormati sesama penghuni.

    Dengan demikian, Anda bisa meminimalisir biaya perawatan dan masalah lainnya. Selain itu, pembayaran tagihan pun lancar.

    Ajukan beberapa pertanyaan mengenai latar belakang mereka agar tidak salah menerima “anggota keluarga baru” di rumah Anda.

  3. Tentukan untuk menggunakan jasa broker atau tidak
    Tidak mudah menemukan calon pengontrak yang baik jika tidak dibantu oleh broker atau media iklan properti sewa yang mumpuni. Apalagi jika rumah Anda berlokasi cukup terpencil dari tepi jalan atau tertutup oleh beberapa indekos lain yang lebih bervariatif.

    Meminta bantuan dari broker bisa membuat penyewaan kos lebih efisien. Dengan menyisihkan sebagian uang untuk membayar jasa broker, Anda bisa lebih cepat mendapatkan pengontrak yang sesuai dengan keinginan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini