Sukses


4 Inspirasi Layout Kamar Tidur yang Rapi

Setelah memilih ranjang tidur, lemari, karpet dan warna cat dinding yang sesuai, ini saatnya menata ruang tidur menjadi lebih rapi.

Liputan6.com, Jakarta Di antara ruang-ruang di rumah, kamar tidur adalah tempat di mana orang paling banyak menghabiskan waktunya.

Tak cuma beristirahat, kamar tidur juga menjadi tempat untuk berbagai kegiatan lain seperti belajar, mengerjakan tugas, hingga sekedar bersantai sambil membaca buku. Karena itu, aspek dekoratif harus diperhatikan dengan benar agar penghuni betah di kamar.

Setelah memilih ranjang tidur, lemari, karpet dan warna cat dinding yang sesuai, ini saatnya menata ruang tidur menjadi lebih rapi.

Interior desainer yang sekaligus pembawa acara Emmy Award, Cathy Hobbs, mengajak kita untuk lebih kreatif memaksimalkan luas kamar tidur dengan tatanan layout yang tepat. Berikut ini ada empat layout mudah yang bisa Anda terapkan dalam menata kamar tidur sesuai kebutuhan.

Inspirasi berikut ini cocok untuk ruang tidur berkapasitas kecil, besar atau dibagi dua, dikutip dari Rumah.com

 

Model #1 Konvensional

Penataan kamar tidur konvensional di atas terlihat sederhana dengan satu ranjang double bed yang dihimpit oleh dua buah nakas di sisi kanan dan kiri. Di seberang ranjang tidur, diletakkan sebuah laci yang atasnya dipajang sebuah kaca rias.

Anda tak perlu menambah terlalu banyak furnitur yang justru membuat ruangan menjadi penuh. Untuk gaya sederhana dan bersih, Hobbs menyarankan kalau satu ranjang + dua nakas + laci/lemari beserta kaca sudah cukup mengisi semua keperluan Anda di kamar tidur.

 

Model #2 Kamar Santai

Jika ruang tidur Anda punya sisa luas ruangan yang cukup lebar, manfaatkan untuk membuat kesan seperti lounge yang santai.

“Ruang tidur yang ideal umumnya memiliki area untuk tidur dan area duduk-duduk yang nyaman.” Ucap Hobbs. “Beberapa orang memanfaatkan zona santai ini untuk meminum teh, membaca buku atau relaksasi.” Tambahnya.

Untuk menciptakan area duduk santai yang terpisah di kamar tidur Anda, letakkan dua sofa single di seberang kaki ranjang dengan sebuah meja kecil di tengah-tengahnya.

Buat penataan kamar tidur tetap sederhana dengan menerapkan layout konvensional agar ruangan tidak terlihat penuh. Bedanya, letakkan laci/lemari pakaian di bagian sisi kanan atau kiri ranjang tidur.

 

Model #3 Kamar tidur sempit

Untuk kamar tidur berukuran kecil, yang umumnya digunakan untuk ruang tidur anak atau tamu, sangat penting untuk meletakkan kaca untuk membuat kesan lega.

“Salah satu teknik memperluas ruangan adalah dengan meletakkan ranjang membelakangi dinding, dengan menambah satu nakas di sisi sebelahnya,” ucap Hobbs.

Kaca juga menjadi item penting yang harus ada di ruangan sempit. “Kaca cermin dapat berperan sebagai jendela. Saya kerap memajang kaca untuk memperluas ruangan, khususnya jika kamar tersebut tidak punya banyak jendela atau pencahayaan,” ia menambahkan.

Teknik rahasia lain: Gantungkan kaca secara vertikal untuk memantulkan cahaya yang masuk dari jendela.

 

Model #4 Kamar Tidur Dibagi Dua


Untuk kamar yang dibagi dua, atau model twin bed yang kerap difungsikan untuk kamar anak, sebaiknya didesain menjadi dua area yang terpisah. Jadi meskipun berada dalam satu ruangan tapi masing-masing Anak bisa memiliki area privatnya.

Cara memisahkannya, tata dua ranjang dengan sebuah nakas di antara keduanya. Sementara untuk meja belajar dan lemari diletakkan di seberang kaki ranjang sehingga masing-masing anak bisa menata sesuai dengan kebutuhannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.