Sukses


Cara Benar Pilih Lantai Sesuai Karakter Ruangan

Dibandingkan bagian rumah lainnya, lantai rumah kita adalah area yang paling banyak ‘penderitaannya’.

Liputan6.com, Jakarta Dibandingkan bagian rumah lainnya, lantai rumah kita adalah area yang paling banyak ‘penderitaannya’. Setiap kali lantai diinjak oleh sepatu berdebu dan mendapatkan beban berat dari benda yang ada di atasnya.

Jika Anda tak ingin cepat bosan dengan suasana rumah, tak ada salahnya menyediakan lantai yang berbeda untuk beberapa ruangan. Namun, sebelum menentukannya, pastikan dahulu kebutuhan Anda.

Marmer untuk ruang tengah

Ruang tengah atau ruang keluarga biasanya menjadi ruangan yang paling banyak menampung barang. Akibatnya, ruangan ini membutuhkan lantai yang kuat untuk menopang beban yang ada di atasnya.

Lantai keramik atau porselen memang lebih murah perawatannya dan tahan lama, namun lantai ini mudah tergores dan kotor. jadi akan lebih baik jika Anda menggunakan lantai dari batuan alami seperti marmer untuk lantai Anda.

Lantai keramik untuk teras

Teras dan ruang tamu yang ada di depan cenderung menjadi area yang paling sering terpapar debu sehingga membutuhkan lantai yang mudah dibersihkan. Untuk itu, gunakan lantai keramik di bagian ruangan ini.

Jika ingin lebih artistik, gunakan lantai keramik bermotif atau memiliki pola tertentu untuk ruang tamu Anda. Lantai keramik bermotif juga meningkatkan daya kreativitas Anda saat melihatnya dibandingkan jika Anda hanya melihat lantai yang polos setiap hari.

Lantai keramik yang agak tebal dan kasar untuk ruang makan

Lantai ruang makan dan dapur menjadi area yang paling sering terpapar bahan makanan yang terjatuh. Akibatnya lantai menjadi licin atau cepat kotor.

Jika Anda menggunakan lantai porselen atau keramik biasa, lantai yang terkena air atau bahan makanan yang tumpah akan menjadi sangat licin dan membahayakan siapa pun yang melangkah di atasnya.

Menggunakan lantai keramik yang sedikit bertekstur akan membuat telapak kaki Anda tetap menempel saat menginjaknya.

Lantai kayu untuk kamar

Saat bangun pagi, tentunya akan lebih menyenangkan jika Anda menjejakkan kaki di atas lantai yang hangat. Sehingga, akan lebih baik jika lantai kamar menggunakan lantai kayu.

Lantai kayu juga disarankan untuk kamar anak, namun karena kebiasaan mereka yang sering menumpahkan barang atau berlarian, lebih baik gunakan lantai parket atau lapisi lantai dengan karpet.

Lantai keramik untuk Anda yang bekerja di rumah

Jika Anda menggunakan meja kerja dan kursi dengan roda, sebaiknya pilih lantai keramik sebagai alas ruang kerja. Lantai ini masih bisa menerima beban roda, sementara pada lantai kayu, beban roda akan membuatnya tergores.

Lantai kayu untuk Anda yang sibuk

Jika Anda hampir tak memiliki waktu untuk sering berada di rumah, lantai kayu menjadi pilihan utama. Lantai ini sangat mudah dibersihkan, Anda cukup menyapu atau mem-vacuumnya dan tak masalah jika jarang dipel.

Foto: Pixabay

Sumber: Rumah.com

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.