Sukses


Siasati Anggaran Makanan di Rumah

Jika ditanya pengeluaran terbesar yang ada di rumah Anda tentunya adalah untuk makanan.

Liputan6.com, Jakarta Jika ditanya pengeluaran terbesar yang ada di rumah Anda tentunya adalah untuk makanan.

Makanan adalah kebutuhan harian ini wajib dipenuhi. Banyak penelitian menyebutkan, orang-orang, khususnya warga kota, kerap menyia-nyiakan makanannya dengan berbagai alasan. Seperti membeli terlalu banyak, lupa memakannya, stok terlalu melimpah sehingga kadaluarsa, dan lainnya.

Nah, jika Anda bisa mengatur persediaan makanan di rumah dengan efisien, bujet makanan bisa Anda tekan. Caranya, ikuti trik yang dikutip dari Rumah.com berikut ini.

Jangan menyimpan daging mentah

Saat melihat harga daging sapi, ayam, atau ikan yang didiskon di supermarket, Anda langsung kalap membelinya. Maksudnya agar Anda bisa menggunakannya selama beberapa minggu.

Masalahnya menyimpan bahan makanan mentah malah membuatnya cepat basi—kecuali jika kulkas Anda superdingin.

Setelah membeli daging, segera olah daging tersebut, misalnya diungkep dijadikan empal, atau dibikin rendang. Setelah itu masukkan ke dalam freezer dan hanya ambil sesuai dengan kebutuhan Anda. Daging yang sudah diolah menjadi rendang bisa tahan hingga satu bulan.

Gunakan proses daur ulang

Sisa sayur seperti batang kangkung bisa Anda gunakan kembali sebagai bibit tanaman atau sebagai pupuk organik. Anda tinggal memasukkan sisa sayuran ke dalam tanah yang sudah Anda gali.

Tak hanya membuat tanah lebih subur, batang yang masih segar bisa tumbuh menjadi sayuran segar di rumah. Anda pun tak perlu membeli sayuran organik lagi, kan.

Gunakan buah dan sayuran lokal

Selain harganya lebih murah, kandungan gizinya pun sama. Anda pun tak harus mengonsumsi buah atau sayur organik berharga mahal jika ingin sehat.

Asalkan Anda mencuci buah tersebut atau mengupas kulitnya, serta memasak sayuran hingga matang, nutrisinya tetap sama, kok.

Manfaatkan makanan sisa

Jangan langsung membuang sisa sayur atau lauk yang tak habis. Pikirkan untuk mengolahnya menjadi menu lain. Ayam goreng yang tersisa mungkin tak enak lagi jika digoreng kembali (untuk dipanaskan) lalu dinikmati lagi.

Sebaiknya jadikan ayam suwir lalu campurkan dalam bumbu nasi goreng. Sedangkan sisa sayur sup bisa digunakan untuk membuat bahan capcay atau isian telur dadar. Tetap enak, kan.

Perbanyak makanan berserat

Salah satu penyebab bujet makanan membengkak adalah kebiasaan Anda jajan atau makan di luar rumah. Pemicu Anda jajan biasanya adalah karena Anda belum merasa kenyang dengan makanan yang ada di rumah.

Untuk itu gantilah beberapa makanan yang hanya bersifat mengenyangkan dengan makanan berserat. Misal, daripada Anda sarapan dengan nasi putih, sebaiknya Anda mengonsumsi nasi merah yang seratnya lebih banyak dan memberi rasa kenyang lebih

lama. Lalu, daripada mengonsumsi roti manis, sebaiknya pilih roti gandum atau buah sebagai camilan. Mengatur porsi makan akan membuat lambung Anda menjadi menolak makanan yang terlalu banyak dan tak sehat.

Foto: Pixabay

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.