Sukses


Cara Cerdik Mengecat Area Sulit Dijangkau

Mengecat dinding bisa menjadi tugas yang gampang gampang susah. Khususnya ketika mengecat bagian yang sulit terjangkau.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda tipikal orang yang senang mengerjakan tugas perbaikan rumah dengan tangan sendiri? Jika ya, mungkin akan ditemui beberapa kendala kecil ketika mengerjakannya. Misalnya mengecat dinding, tugas ini terbilang gampang gampang susah.

Khususnya ketika mengecat bagian yang sulit terjangkau. Jangan khawatir, dengan beberapa trik di bawah ini, tugas mengecat Anda akan menjadi lebih mudah. Simak tips dan trik yang dikutip dari artikel Rumah.com berikut ini.

Mengecat Pinggiran Jendela

Mengecat kerangka jendela kerap menjadi tantangan tersendiri karena area yang terbatas. Sementara itu jika ingin menutupi bagian kaca dan dinding menggunakan selotip tentu akan menghabiskan waktu yang cukup lama.

Solusinya, jangan ragu mengecat! Pilih kuas kecil yang dapat menjangkau sudut kerangka dan mulai mengecat. Jika ada percikan cat yang mengenai kaca jendela, biarkan saja mengering untuk kemudian dibersihkan dengan kikir atau pernis.

Tips: Untuk hasil terbaik, segera hapus bekas cat yang berceceran kurang dari satu hari agar mudah dihilangkan.

 Mengecat Bagian Belakang Toilet

Kamar mandi memiliki kelembapan ruang yang tinggi dan luas yang lebih sempit dari ruangan manapun yang ada di rumah. Tidak heran jika beberapa orang kesulitan mengaplikasikan cat di kamar mandi. Solusinya, Anda bisa menggunakan kuas rol cat yang bentuk dan tangkainya lebih kecil dibanding rol cat lainnya.

Ini adalah kuas terbaik yang digunakan untuk mengecat dinding toilet.

Tips: Untuk menjangkau area yang tinggi seperti plafon Anda bisa memanjangkan tangkai rol cat menggunakan tangkai sapu atau sejenisnya.

Mengecat Plafon dan Dinding

Ada beberapa area tinggi di rumah Anda yang mungkin masih bisa dijangkau dengan menaiki tangga lipat. Akan tetapi ketika hendak mengecat dinding atas hingga plafon, tentu akan menjadi tantangan tersendiri.

Cara termudah adalah dengan menghubungkan rol cat dengan tangkai pemanjang agar dapat menjangkau langit-langit. Rentangkan tangan Anda semaksimal mungkin agar lebih mudah menyentuh plafon. Ini adalah cara yang fleksibel dan bisa Anda sesuaikan panjangnya sesuai kebutuhan.

Tips: Gunakan sedikit cat jika Anda hendak mengecat bagian atas. Hal ini untuk menghindari resiko menetesnya cat ke bagian bawah atau bahkan mengenai badan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.