Sukses


Trik Bikin Halaman Rumah Makin Cantik

Halaman rumah Anda bukanlah sekedar tanah lebihan. Bukan pula hanya pembatas dengan tetangga sebelah.

Liputan6.com, Jakarta Halaman rumah Anda bukanlah sekedar tanah lebihan. Bukan pula hanya pembatas dengan tetangga sebelah. Lebih dari itu, pastinya. Sudah saatnya Anda memberi perhatian lebih pada pekarangan rumah.

Manfaatkan pekarangan Anda untuk tempat bersantai bagi keluarga, atau alternatif ruang tamu saat kolega berkunjung.

Berikut 4 tips untuk mempercantik halaman sebagai ruang santai, seperti dikutip dari Rumah.Com:

Paduan warna yang harmonis

Tidak hanya dalam ruangan saja yang menjadi tempat curahan warna kegemaran Anda. Warna alami di halaman rumah tentu akan lebih segar jika mendapat sentuhan tambahan.

Warna dari paving blok, pagar, dedaunan yang merambat dan bebatuan, bisa menjadi sumber inspirasi untuk paduan warna yang serasi untuk halaman.

Foto: Homemakersonline.co.za

Rangkaian warna di halaman tersebut akan semakin menyejukkan jika furnitur yang ditempatkan pada luar ruang selaras dengan pekarangan rumah.

Jika masih kurang, pada dinding sisi luar bisa disematkan wallpaper bermotif dedaunan, kotak-kotak kayu atau desain lainnya.

Foto: Homemakersonline.co.za

Pemilihan furnitur luar ruang

Agar halaman semakin ramah kepada semua anggota keluarga, perhatikan pilihan bahan furniture hingga pot bunga sebagai hiasan.

Letakkan kursi santai berbahan kayu dengan kerangka besi tempa. Makin lengkap dengan pot bunga berbahan rotan, yang akan mengingatkan Anda akan suasana pedesaan yang menawan.

Foto: Homemakersonline.co.za

Anda juga perlu bertanya pada diri sendiri. Apakah lebih sering menikmati ruang terbuka saat datangnya matahari sore dengan ditemani secangkir teh? Atau sebagai alternatif tempat makan, daripada monoton di dalam rumah saat menikmati sarapan pagi?

Pastikan pemilihan furnitur luar ruang mendukung Anda untuk aktivitas Anda tersebut. Jika hanya untuk sekedar bersantai, penambahan bantal yang empuk pada sofa panjang, akan menjadi ide menarik.

Halaman untuk barbecue

Foto: Pinterest

Idealnya, setiap desain ruangan membutuhkan sebuah titik fokus, untuk menyatukan perhatian semua orang di ruang tersebut.

Contohnya, jika Anda gemar menikmati hidangan di luar ruang, halaman Anda adalah tempat yang tepat untuk membuat sarana barbeque. Saat matang, hidangan langsung bisa dinikmati di halaman tersebut. Sedapnya!

Foto: Homemakersonline.co.za

Gazebo penghias halaman

Selain sebagai tempat untuk mengakrabkan diri dengan anggota keluarga, Anda bisa mempertimbangkan untuk membangun gazebo.

Sisi artistik halaman Anda akan terdongkrak. Bonusnya, atap gazebo akan melindungi Anda dari sengatan matahari atau rintik hujan.

Foto: decor.friesiannews.com

Gazebo akan makin fungsional jika Anda tidak keberatan memasang kerai yang gampang untuk dibuka-tutup. Fungsinya, akan mengurangi hembusan debu yang ingin masuk ke dalam Gazebo. Tentunya, pilihan warna gazebo dan kerai, usahakan tetap padu dengan furnitur dan taman di sekitar.

Berapa budget yang harus disediakan untuk mempercantik halaman Anda tersebut? Sangat bervariasi, tergantung dari pilihan furnitur dan jenis material yang digunakan. Berapa rupiah akan Anda siapkan?

Catur Raihan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini