Sukses


Bikin Rumah Makin Eksotis dengan Tanaman Gantung Lumut

Membuat tanaman gantung tidak terlalu sulit. Tinggal diikat dengan tali, tanaman gantung menggunakan lumut akan mempercantik rumah Anda.

Liputan6.com, Jakarta Tanaman gantung menjadi jawaban jika Anda ingin memiliki taman tapi tak mempunyai area tanam yang luas. Agar makin natural, Anda bisa menggunakan lumut sebagai alternatif media tanam.

Membuat tanaman gantung tidak terlalu sulit. Tinggal diikat dengan tali, tanaman gantung menggunakan lumut akan mempercantik rumah Anda.

Jenis tanaman

Ada beberapa tanaman yang cocok untuk digunakan sebagai tanaman gantung, yaitu anggrek, dahlia, bahkan jeruk kinkit atau jeruk mandarin mini yang pohonnya cenderung kecil.

Bahkan, anggrek akan lebih subur dan tumbuh segar jika ditanam dengan cara digantung karena membuat air yang disiramkan kepadanya menjadi mengalir dengan cepat. Air yang tersisa di dalam media tanam anggrek akan membuat akarnya cepat busuk.

Siapkan media tanam

Media tanam untuk tanaman gantung natural adalah lumut yang masih segar—biasanya tersedia di toko penjual pupuk atau kebutuhan tanaman—tanah, dan serat pakis buatan yang mirip serat kayu—tersedia di toko yang menjual media tanam anggrek.

Siapkan pula tali berbahan kain untuk menggantung tanaman Anda. Jika Anda tak ingin repot, ada beberapa penjual tanaman yang menyediakan lumut yang sudah dibentuk bulat dan dicampur dengan tanah, sehingga Anda tinggal meletakkan tanaman ke dalam celah yang ada di tengahnya.

Ikat dengan kuat

Bentuk tanah menjadi bulat dan padat lalu lapisi dengan serat pakis dan lumut di bagian luarnya dan gunakan untuk membungkus akar tanaman. Sebaiknya basahi sedikit lumut agar tetap lembap dan menempel pada tanah.

Lalu, silangkan tali ke seluruh permukaan campuran tanah dan lumut tadi hingga benar-benar kuat dan tak ada lumut yang berceceran.

Gantungkan di area yang dekat dengan sinar matahari

Tanaman gantung ini sebaiknya tidak digantung di luar ruangan yang memudahkannya terguyur air hujan. Pasalnya air hujan akan menghancurkan tanah dan malah merusak tanaman Anda.

Simpan di dalam ruangan yang terpapar sinar matahari dan mendapatkan sirkulasi udara. Anda cukup menyiramnya dengan menyemprotkan air menggunakan botol siram.

Cek kondisi akar

Setiap 1-2 minggu cek kondisi akar tanaman gantung. Jika akarnya terlalu menjuntai dan sangat panjang hingga melewati lumut, Anda boleh memotongnya. Akar yang terlalu panjang akan merusak bentuk media tanamnya.

Foto: Homedit.com

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.