Sukses


Pelihara Hewan di Rumah? Persiapkan Hal Ini!

Satu hal yang wajib Anda pertimbangkan sebelum memelihara adalah kesabaran untuk melihat rumah berantakan.

Liputan6.com, Jakarta Anda yang tinggal sendiri kadang ada keinginan untuk memelihara hewan peliharaan seperti anjing atau kucing. Satu hal yang wajib Anda pertimbangkan sebelum memelihara adalah kesabaran untuk melihat rumah berantakan.

Anjing atau kucing yang baru diperkenalkan di rumah baru biasanya akan mengeksplorasi wilayah barunya dan berinteraksi dengan apapun, termasuk barang-barang. Tak jarang, mereka menyenggol atau bahkan merusak barang-barang tersebut.

Saat sudah terbiasa pun, anjing ataupun kucing masih memiliki sifat nakal seperti menarik taplak meja, menjatuhkan barang-barang, dan sebagainya. Untuk meminimalisir kekacauan akibat si guguk ataupun si meong, berikut tips yang patut Anda ikuti:

Jangan membiarkan gelas dalam keadaan terbuka

Bila Anda sering menyisakan air putih di dalam gelas biasakan untuk menutup bagian atasnya dengan tutup gelas yang pas.

Pasalnya, kucing dan anjing hobi meminum air yang ada pada gelas terutama jika ada aroma Anda di gelas itu. Mereka merasa apa yang dimiliki tuannya adalah milik mereka juga. Jauhkan gelas dari jangkauan hewan atau gunakan tumbler bertutup untuk minum di rumah Anda.

Keset dan karpet yang rusak

Kucing sangat suka memainkan keset dan karpet dengan kuku tajamnya. Akibatnya, serat karpet menjadi lepas dan karpet pun mudah rusak.

Gulung karpet jika memang tak digunakan dan gunakan karpet tebal yang keras untuk bagian luar pintu sehingga tak mudah rusak meski digunakan kucing untuk mengasah kukunya. Akan lebih baik jika Anda membawa kucing ke pet shop setiap 2-3 minggu untuk digunting kukunya.

Pecahnya barang berbahan beling

Kucing menyukai tidur di atas kulkas dan area tinggi lainnya seperti atas meja karena memudahkannya memandang keseluruhan ruangan. Sementara itu, anjing suka berlarian ke sana kemari saat sedang bersemangat.

Hal ini membuatnya tak sengaja menabrak piring atau gelas yang ada di atas meja. Sementara anjing hobi mengutak-atik area cuci piring untuk mengendus sisa makanan. Jadi, jika ada piring yang kotor segera cuci piring tersebut, keringkan dan segera simpan di dalam kitchen set.

Hindari taplak meja

Taplak yang menjuntai merupakan mainan yang seru bagi kucing sehingga ia akan berusaha menggapainya, yang akan menyebabkan taplak sobek.

Sementara anjing gemar mengunyah taplak meja karena teksturnya yang halus. Sebaiknya hindari taplak meja untuk meja kopi Anda. Sementara untuk meja makan, pilihlah meja makan yang menggunakan kaca atau penampang yang tak lagi memerlukan taplak.

Simpan makanan di dalam lemari

Jangan membiarkan makanan—walaupun di dalam kemasan—tergeletak di atas meja makan. Simpan seluruh makanan di dalam lemari, tutup rapat, dan kunci.

Makanan yang ada di atas meja akan menjadi sasaran anjing dan kucing untuk membukanya. Selain itu, saat Anda membuka kulkas, pastikan tak ada hewan kesayangan itu di dekat Anda.

Mereka cenderung suka memasukkan kepalanya ke dalam kulkas—bahkan kucing senang masuk ke dalam kulkas—yang mengakibatkan bahan makanan terkontaminasi.

Kosongkan tempat sampah

Bukan rahasia lagi jika hewan hobi mengaduk-aduk tempat sampah terutama tempat sampah dapur tempat Anda membuang sisa makanan.

Tak pelu menunggu tempat sampah sangat penuh, segera buang ke luar rumah jika Anda baru saja menggunakan tempat sampah sebagai wadah pembuangan sisa makanan, terutama yang berbau menyengat. Bukan hanya membuat kucing penasaran, kecoa dan tikus pun ingin ikutan.

Hindari bean bag

Tekstur bean bag yang seakan menyimpan pasir di dalamnya akan dianggap kucing sebagai bak pasir tempat favoritnya membuang kotoran.

Jadi, jika Anda tak ingin bean bag dirusak kucing, simpan di dalam kamar dan selalu tutup rapat sehingga tak dapat dijangkau kucing. Atau gunakan bean bag yang bagian dalamnya lebih padat dan keras.

Tutup akuarium

Aqua scapping memang membuat dekorasi rumah menjadi lebih indah dan nyaman. Tapi, jangan membiarkan akuarium diletakkan begitu saja di atas meja tanpa tutup.

Akan lebih baik jika Anda menggunakan akuarium yang frame-nya kokoh dan dilengkapi tutup sehingga kucing tidak dapat menjangkau ikan di dalamnya.

Merusak kabel

Jangan biarkan kabel charger ponsel atau kabel gadget lainnya dibiarkan menjuntai. Kucing dan anjing senang memburu benda yang bentuknya mirip ekor sehingga mereka akan mengejar dan mengunyahnya.

Simpan kabel di dalam kotak atau masukkan ke dalam laci agar tak berantakan di atas meja dan menjadi sasaran hewan.

Foto: Stocksnap.io

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


    Video Terkini