Sukses


Gunakan Bahan Alami Ini untuk Mengharumkan Rumah

Untuk membuat rumah terlihat bersih sekaligus wangi, yuk kita coba beberapa cara pembersihan yang meninggalkan wangi lembut

Liputan6.com, Jakarta Tahukah Anda jika hunian dengan wewangian yang sedap bisa meningkatkan produktifitas? Ya, dengan metode pembersihan yang tepat, rumah Anda bisa terlihat bersih sekaligus wangi sepanjang minggu.

Umumnya kegiatan bersih-bersih menggunakan cairan kimia memang telah dilengkapi oleh esens wewangian, namun jangan abaikan resiko kesehatan dan kerusakan lingkungan yang mereka timbulkan, lho.

Nah untuk membuat rumah terlihat bersih sekaligus wangi, yuk kita coba beberapa cara pembersihan yang meninggalkan wangi lembut pada semua peralatan dapur dan perabot rumah. Tidak perlu mengeluarkan uang lebih karena bahan-bahannya bisa Anda dapatkan dengan mudah di sekitar kita. Simak artikel yang dikutip dari Rumah.com berikut ini!

Papan talenan
Siapa yang tidak mengenal minyak kelapa? Minyak jenis ini dikenal lembut dan serbaguna untuk kesehatan kulit dan rambut. Selain itu, ternyata minyak kelapa mengandung anti bakteri yang merupakan bahan sempurna untuk kegiatan bersih-bersih Anda.

Jika memiliki papan talenan kayu yang butuh dibersihkan, coba menggunakan minyak kelapa yang dioleskan setidaknya sekali satu tahun untuk memudarkan permukaan yang kasar.

Minyak kelapa juga berguna menjadi pembersih akhir yang baik untuk Anda coba. Pertama, semprotkan papan talenan dengan sedikit cuka sebelum dicuci dengan air hangat. Setelah kering, pijat perlahan minyak kelapa di permukaan papan talenan untuk meninggalkan kesan mengkilap. 

Microwave
Umumnya microwave memiliki campuran bau yang aneh karena banyaknya jenis makanan yang di hangatkan di dalamnya. Untuk menetralisir aroma bagian dalamnya, caranya sangat mudah. Dalam sebuah mangkuk microwave, masukkan air setengah penuh beserta perasan satu buah jeruk lemon.

Masukkan mangkuk ke dalam microwave dan panaskan sekitar lima menit. Setelah selesai, diamkan beberapa menit hingga mendingin. Ketika pintu microwave dibuka, semerbak wangi jeruk yang segar akan tercium. 

Saluran pembuangan wastafel
Untuk saluran pembuangan wastafel yang lama, mungkin akan tampak hitam kusam dan tercium bau tak sedap. Setelah disikat, Anda bisa menghadirkan wangi segar dengan menumpahkan dua sendok es yang dicampurkan garam ke bagian atas lubang wastafel. Setelah itu siram dengan air dingin. Untuk wewangian yang lebih segar, Anda bisa menambahkan sesendok air lemon. 

Peralatan masak
Meski wajan dan teko sudah Anda cuci secara rutin menggunakan sabun pencuci piring, peralatan masak tetap membutuhkan pembersihan mendalam untuk menghilangkan minyak dan bau tidak sedap. Langkah pertama, peras dan gosok setengah bagian lemon ke permukaan.

Tambahkan sesendok garam laut dan ulangi menggosok dengan setengah lemon. Akhiri dengan menghapus garam menggunakan kertas tisu yang basah. Cairan lemon berfungsi menghilangkan aroma bawang merah dan putih, sementara garam dapat membersihkan permukaan dengan baik. 

Gelas dan kaca
Hilangkan noda hitam di permukaan gelas kaca menggunakan air cuka. Caranya campurkan air dengan cuka putih dengan perbandingan yang sama. Kemudian pakai larutan ini untuk menghilangkan noda hitam yang membandel. Anda juga bisa campurkan minyak esensial yang sesuai dengan wewangian favorit.

 Kamar mandi

Membersihkan sekaligus mengharumkan kamar mandi adalah tugas yang melelahkan. Mulai dari lantai keramik, bak mandi sampai dengan kloset. Namun dengan taburan baking soda yang dicampur dengan air ternyata bisa membantu menghilangkan noda membandel.

Baking soda juga berfungsi menyegarkan sekaligus membersihkan toilet. Anda juga bisa memanfaatkan campuran air dan cuka dengan perbandingan 50:50.

Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini