Sukses


Lakukan Hal Ini Sebelum Fogging Rumah

Biasanya nyamuk senang bersembunyi di dalam rumah, terutama di kolong tempat tidur dan di antara pakaian.

Liputan6.com, Jakarta Musim pancaroba seperti saat ini merupakan musim rawan penyakit. Salah satu yang kerap muncul adalah demam berdarah. Biasanya begitu ada warga yang terserang penyakit, kompleks rumah Anda pun langsung mengadakan fogging untuk memberantas nyamuk.

Fogging sendiri masih cukup ramai diperdebatkan. Ada yang mengatakan cara ini tak efektif karena tidak membunuh jentiknya dan asap fogging cenderung beracun.

Namun, tak ada salahnya Anda membiarkan proses fogging dilakukan di dalam rumah, karena biasanya nyamuk justru lebih senang bersembunyi di dalam rumah, terutama di kolong tempat tidur dan di antara pakaian yang digantung.

Nyamuk juga cenderung menyukai aroma keringat manusia. Nah, jika Anda bersedia isi rumah di-fogging, lakukan langkah ini.

Sebelum fogging

1. Masukkan seluruh pakaian ke dalam lemari lalu tutup lemari dengan rapat. Untuk pakaian bayi dan anak, masukkan ke dalam plastik laundry, tutup rapat, lalu barulah Anda masukkan ke dalam lemari, setelahnya kunci lemari Anda.

2. Singkirkan makanan dari atas meja dan masukkan ke dalam kulkas atau lemari makanan Anda. Pastikan tak ada celah yang memungkinkan asap masuk ke sela-sela lemari. Jika memang masih ada celah, bungkus makanan dengan alumunium foil sebelum disimpan.

Masukkan peralatan makan dan mandi—terutama sikat gigi—ke dalam lemari. Bungkus barang yang sering Anda pegang, misalnya tas dengan plastik agar tidak terpapar asap.

Keluarkan hewan peliharaan beserta peralatan makannya. Singkirkan tanaman hias yang ada di dalam rumah.

Saat fogging

1. Kenakan masker wajah dan rambut agar tidak terpapar asap.

2. Menjauhlah sejenak dari rumah Anda selama ruangan di-fogging. Anda cukup mengawasi rumah dari jarak jauh.

3. Tunggulah hingga satu jam, barulah Anda bisa masuk kembali ke rumah.

Setelah fogging

1. Bukalah jendela, nyalakan kipas angin agar sisa asap segera hilang dari dalam rumah.

2. Gantilah pakaian yang Anda gunakan, dan segera cuci pakaian itu. Sebaiknya jangan campur pakaian itu dengan pakaian kotor lainnya.

3. Akan lebih baik jika Anda dan anggota keluarga lainnya segera mandi agar tidak ada sisa asap yang menempel di kulit.

4. Lakukan pembersihan rumah, simpel saja misalnya dengan menyapu dan mengepel lantainya, basuh juga meja, cermin, dan kaca jendelanya.

5. Keluarkan peralatan yang Anda simpan di dalam plastik. Jika tak yakin peralatan tersebut bersih atau terpapar asap, sebaiknya segera cuci.

Sumber: Rumah.com

Foto: Pixabay

FL

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.