Sukses


Furnitur-furnitur Unik untuk Rumah Minimalis

Rumah minimalis harus disesuaikan dengan furnitur yang minimalis juga. Berikutini ragam furnitur yang tepat untuk rumah minamlis.

Liputan6.com, Jakarta Istilah rumah minimalis di kalangan masyarakat memang sudah begitu populer. Banyak orang yang menganggap bahwa rumah minimalis adalah rumah dengan area terbatas (sempit) yang dibangun seadanya.

Namun sebenarnya, rumah minimalis adalah implementasi gaya hidup masyarakat yang serba instan dan menghendaki adanya multifungsi.

Seperti ungkapan dari Henry Hobson Richardson, Maestro dalam bidang arsitektur dari Inggris yang menyatakan “Make the efficient use of space also more attractive, more useful, more satisfying (Jadikan pemanfaatan ruang yang efisien menjadi lebih atraktif, lebih berguna, dan lebih memuaskan)“.

(Daftar rumah minimalis di Jabodetabek klik di sini)

Konsep efisien namun atraktif, berguna, dan menyenangkan inilah yang menjadi landasan utama dicetuskan rumah gaya minimalis.

Mengulik gaya rumah minimalis tidak cukup dengan bagaimana memanfaatkan keterbatasan lahan, tetapi bagaimana Anda bisa memanfaatkan ruang rumah minimalis agar tetap konsisten terhadap manfaat.

Salah satu bentuk pemanfaatan ruang tercermin dari pemilihan furnitur yang tepat. Mulai dari memilih furnitur untuk bagian depan rumah hingga bagian belakang rumah seperti taman.

Kali ini, Rumah.com akan memberikan ragam furnitur untuk rumah minimalis yang bisa memberikan inspirasi kepada Anda.

Meja serba guna

Meja serba guna yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat tidur dan meja belajar (sumber: pinterest)

Jika selama ini ukuran ranjang terlalu menghabiskan space ruangan, sekarang ranjang tidak lagi menjadi masalah kamar tidur Anda.

Sebuah ide menarik karya dari Murphy Deskbeds membuat desain penggabungan antara fungsi meja, area kerja, dan ranjang tidur menjadi satu.

Apabila dalam kondisi tertutup furnitur ini akan menjalankan fungsinya sebagai meja belajar atau meja kantor. Tapi, pada saat ujung meja ditarik, seketika berubah menjadi tempat tidur yang sudah lengkap dengan busa tidur.

Tidak hanya bisa menyuguhkan ranjang yang nyaman, backwall dan border di bagian headbed benar-benar menunjukkan ranjang tidur seutuhnya.

Anda bisa menerapkan desain meja serba guna ini di ruang keluarga atau di kamar tidur yang memiliki ukuran sekitar 3m x 3m dengan ketinggian plafon 2,75m – 3m.

Meja makan minimalis

Meja untuk ruang tamu ini juga bisa berfungsi sebagai tempat makan atau tempat minum kopi yang intim (sumber: pinterest)

Pada rumah bergaya minimalis, sangat sedikit space antara ruang makan, ruang tamu, dan dapur. Biasanya dengan ukuran 4m x 3,5m ruang makan nyaris tidak memiliki batas dengan ruang tamu. Alhasil, penghuni kerap melakukan kegiatan sarapan atau makan malam di ruang tamu, seraya menonton tv.

Kondisi tersebut tentu menjadi tantangan bagi setiap penghuni pada saat mendekor interior. Biasanya, penghuni akan bimbang untuk memilih furnitur yang bisa mengakomodasi keduanya.

Nah, salah satu karya unik dari Jules Vreeswijk dari Belanda bisa menjadi inspirasi Anda. Dimana sebuah sofa tamu dapat memiliki fungsi ganda sebagai tempat makan yang unik.

Dengan desain coffee table bergaya retro bisa menambah suasana menjadi intim. Sehingga cocok, bagi penghuni yang baru menikah.

Kursi teras minimalis

Kursi teras minimalis yang bisa dilipat ini bisa diterapkan pada teras rumah minimalis (sumber: pinterest)

Ukuran teras pada rumah minimalis umumnya sekitar 1m x 3m atau 2m x 3m. Untuk memanfaatkan ruang terbatas tersebut, bisa disiasati dengan menggunakan kursi lipat atau kursi partisi. Material kursi bisa terbuat dari kayu atau aluminium.

Rak buku sederhana

Rak buku yang bisa didesain menjadi meja belajar ini mudah digeser berpindah tempat (sumber: pinterest)

Furnitur selanjutnya adalah rak buku serba guna yang dipadukan dengan meja belajar. Gagasan ini memberikan solusi untuk menyederhanakan fungsi area belajar di kamar.

Bahkan, rak buku ini bisa juga diaplikasikan di ruang tamu atau ruang keluarga. Karena, tambahan roda kecil yang membantu untuk mudah dipindahkan.

Credenza minimalis

Credenza minimalis (sumber: pinterest)

Credenza (meja panjang) umumnya digunakan untuk meletakkan televisi dan peralatan pendukungnya, seperti home theater. Tapi sebenarnya, credenza bisa didesain untuk memiliki fungsi ganda.

Dengan ukuran berkisar 2m x 1m, lebih baik Anda menambah ukuran panjang dan mengurangi lebarnya.

Hal itu bertujuan agar credenza bisa memaksimalkan sisi ruangan, dengan begitu akan terdapat banyak ruang penyimpanan yang bisa dimanfaatkan. Biar lebih efisien, bagian credenza juga bisa didesain menjadi meja.

Ini ide yang menarik. Selain bisa dimanfaatkan untuk menyimpan, Anda juga bisa membuat ruang belajar mini atau tempat membaca dadakan.

Tempat tidur minimalis

Tempat tidur miniamlis (sumber: pinterest)

Terakhir, inspirasi furnitur minimalis menarik adalah tempat tidur. Tempat tidur ini sangat tepat diterapkan pada ukuran kamar tidur terbatas. Bila kamar tidur Anda berukuran 3m x 3m, kira-kira untuk ukuran tempat tidur seperti ini bisa dipatok sekitar 2m x 2m.

Desain tempat tidur seperti ini juga sangat tepat bagi Anda yang membutuhkan area privasi untuk bekerja, belajar, atau membaca di kamar.

Anda juga tidak perlu cemas akan space penyimpanan barang-barang, sebab di area bawah tersedia meja dan kabinet tanpa sisi yang bisa digunakan menggunakan kontainer atau kerangjang cantik lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.