Sukses


Siapkan Peralatan Masak Ini untuk Menyambut Hari Raya

Karena menu masakan dan kue kering yang cukup banyak, Anda bisa mulai menyicil dengan mulai mempersiapkan peralatan masaknya mulai dari saat

Liputan6.com, Jakarta Hari Raya identik dengan sajian masakan dan kue kering untuk disajikan kepada sanak saudara yang berkunjung ke rumah. Dari pada menghabiskan uang THR (Tunjangan Hari Raya) dengan membeli segala sesuatunya, mengapa tidak memasak sendiri?

Karena jumlahnya yang cukup banyak, Anda bisa mulai menyicil dengan mulai mempersiapkan peralatan masaknya mulai saat ini. Kira-kira peralatan dapur apa saja ya yang perlu Anda miliki atau disiapkan untuk memasak sajian hari raya? Yuk, simak daftar yang sudah disiapkan oleh Rumah.com berikut ini!

Memasak Kue Camilan

Kue kering seperti nastar, putri salju, kastangel dan coklat chips adalah camilan favorit yang kerap meramaikan hari raya.

Banyak manfaat memanggang kue kering sendiri, selain lebih hemat, Anda juga bisa membagikannya sebagai bingkisan parsel kepada keluarga yang lebih tua. Sebelum memasak, pastikan tiga alat ini sudah tersedia!

  • Timbangan & Sendok Ukur
    Kedua alat ini diperlukan bagi Anda yang masih pemula dalam memasak kue kering. Bahan-bahan baku kue yang ditimbang haruslah pas sesuai dengan takarannya.

    Dengan timbangan dan sendok ukur, ini akan membantu takaran Anda lebih tepat. Sementara sendok ukur berguna untuk meyendok bahan baku. Bersihkan dan keringkan sendok ukur setiap kali habis dipakai.

  • Pengocok Adonan atau Mixer
    Untuk menyatukan adonan menjadi lebih rata dan bertekstur lembut, Anda harus memiliki mixer atau minimal alat kocok manual (whisk).

    Bahan pengocok ini ada yang terbuat dari stainless atau berlapis silikon. Berguna untuk mengocok telur, adonan dasar dan saus berbahan lengket lainnya.

  • Oven
    Untuk kue kering yang dipanggang, Anda sudah pasti memerlukan oven. Anda bisa memilih oven gas atau oven listrik sesuai dengan selera.

    Ada juga pilihan microwave convection yang mampu mengeluarkan panas secara merata. Suhu yang diperlukan jika menggunakan oven biasanya adalah 160 derajat Celcius. Namun, apabila memakai microwave convection, Anda bisa memilih menu khusus untuk membuat kue. Praktis, kan?

Memasak menu Khas Lebaran

Selain kue kering, Anda tentu juga harus menyiapkan sajian menu makanan yang lezat di meja makan. Sebagai contoh ketupat, opor ayam dan rendang.

Ketiganya adalah menu masakan yang sangat umum disajikan pada hari raya. Untuk itu tiga alat ini perlu Anda siapkan sebelum mulai berburu daging dan sayuran!

  • Panci
    Panci berguna sebagai alat memasak menu olahan makanan berkuah. Makanan olahan seperti sayur ketupat, opor ayam, gulai dan sop kambing, adalah menu istimewa sajian lebaran.

    Jika Anda ingin membuat menu berkuah untuk keluarga dalam jumlah besar (misalnya untuk 20 porsi sajian), gunakan panci dengan kapasitas minimal 8 liter.

  • Panci untuk mengukus (dandang)
    Dandang dapat digunakan untuk mengukus menu ketupat yang lezat. Pilih dandang yang terbuat dari bahan stainless karena lebih aman digunakan dalam jangka waktu panjang.

    Untuk sajian ketupat lebih dari 50 buah, gunakan dandang yang berukuran besar.

  • Panci presto
    Panci presto sangat berguna untuk mempersingkat waktu memasak di dapur. Jika merebus ketupat dengan dandang dirasa cukup lama, Anda bisa menghemat waktu dua kali lipat menggunakan panic presto.

    Selain itu, peralatan dapur yang satu ini juga berguna membuat bahan makanan lebih empuk, khususnya untuk daging sapi atau daging ayam.

    Daging ayam kampung yang lezat diolah menjadi opor ayam memiliki tekstur yang lebih keras dari daging ayam buras.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini