Sukses


Cermat Gunakan THR untuk Bayar DP Rumah

Dibanding membeli promo gadget, lebih baik Anda alokasikan THR untuk menambah DP Beli rumah.

Liputan6.com, Jakarta Penulis buku Make it Happen, Prita Hapsari Ghozie, menuliskan bahwa salah satu tanda seseorang yang memiliki kesehatan secara finansial ditandai dengan memiliki rumah tinggal.

Menurut Prita, kebutuhan primer manusia adalah sandang, pangan, dan papan. Jadi, memiliki rumah tinggal seharusnya menjadi indikator apakah keuangan Anda sehat atau tidak.

Tunjangan Hari Raya (THR) adalah salah satu sumber pendapatan yang bisa dimanfaatkan untuk memulai mencicil rumah, namun banyak yang justru menggunakannya untuk membeli gadget baru atau kendaraan bermotor.

Tahukah Anda, saat Ramadhan dan jelang lebaran beberapa hunian ternyata juga memberikan promo menggiurkan dalam rangka jelang lebaran.

Ditambah lagi, Bank Indonesia sudah menurunkan pembayaran down payment (DP) yang semula sebesar 20%, kini turun menjadi 15%. Meskipun sebelum Bank Indonesia menurunkan ketentuan DP, beberapa perumahan ada sudah memberikan gimmick DP 0%.

Anastasia Yuniar, selaku marketing PT. Bumi Makmur Lestari mengatakan, bahwa gimmick tersebut sebenarnya dipertimbangkan dari penghasilan perbulan pemohon KPR.

“Nanti, pihak bank akan menilai penghasilan pemohon KPR aman atau tidak untuk bisa konsisten mencicil KPR setiap bulan,” kata Ana seperti dikutip dari laman www.rumah.com, Senin (20/6/2016).

Terlepas dari gimmick DP 0% tadi, hal yang harus diingat adalah ini kesempatan yang tepat jika Anda hendak membeli rumah baru. Lalu bagaimana caranya?.

Kaukabus Syarqiyah, perencana keuangan menuturkan, THR ternyata bisa menambah pundi-pundi tabungan Anda untuk membayar DP rumah.

Besar kecilnya THR memang sangat relatif. Karena, sejatinya THR juga disesuaikan dengan jabatan, lama waktu bekerja, dan kebijakan instansi atau perusahaan itu sendiri.

“Pada saat hendak menyisikan THR untuk menambah DP rumah, sebaiknya Anda harus mengetahui pengeluaran riil tahunan dahulu. Karena sesungguhnya, THR adalah pemasukan tahunan, sehingga sistem pengelolaannya pun harus tahunan,” kata Kikau.

Kikau juga menjelaskan, contoh pengeluaran riil tahunan adalah pengeluaran yang tidak bersifat konsumtif bulanan. Misalnya, persiapan lebaran, mudik libur tahunan, pembayaran Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) bila Anda sedang mencicil rumah sebelumnya.

“Nah, apabila Anda bertanya, apakah THR bisa membantu membayar DP rumah, jawabannya bisa! Asalkan sudah dikurangi dari kebutuhan pengeluaran tahunan tadi,” pesannya.

Tetapi, apabila Anda tetap memaksakan diri untuk mealokasikan seluruh THR untuk membayar DP rumah, masih tetap sah-sah saja. Dengan begitu, artinya Anda bersedia untuk membayar anggaran tahunan tadi, dari uang bulanan Anda.

Memutuskan untuk menyisikan THR untuk keperluan DP rumah adalah pilihan yang tepat. Sebab, harga rumah secara umum selalu bertambah setiap tahunnya.

“Harga rumah akan terus meninggi seiringnya waktu, dibandingkan dengan barang-barang investasi lainnya. Jadi jika tidak saat ini dipersiapkan, kesempatan Anda memiliki rumah akan menjadi mimpi yang tak kunjung terwujud,” tutur Kikau.

Salah satu hunian yang memberikan promo menggiurkan jelang lebaran adalah Apartemen Titanium Square di Cijantung dan Ciomas Hills yang ada di Bogor.

Apartemen Titanium Square saat ini sedang memberikan DP sebesar 10% dengan asumsi bunga 6,6% tetap selama 1 tahun. Harga jual untuk unitnya dibanderol sebesar Rp556 juta dan Rp695 juta.

Selain DP yang bisa 10%, Anda juga berkesempatan mendapatkan kondisi unit apartemen full furnish (lengkap dengan perabot) yang seharga Rp49 juta dan Rp58 juta.

Hunian kedua yang memberikan promo adalah perumahan Ciomas Hills. Perumahan ini memberikan kesempatan DP 0% – 20%. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, Anda bisa mendapatkan DP 0% sesuai ketetapan bank terhadap kemampuan penghasilan bulanan Anda.

Promo lain yang diberikan oleh pengembang adalah kesempatan untuk mendapatkan hadiah motor tanpa undian, apabila Anda dapat menyelesaikan akad pembelian hingga akhir Ramadhan. Adapun harga untuk setiap unit ini sebesar Rp365 juta – Rp650 juta.

Jadi tunggu apalagi?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • THR Lebaran adalah Tunjangan Hari Raya yang dibayarkan setiap pengusaha kepada karyawannya setidaknya H-7 Lebaran Idulfitri.

    THR Lebaran

  • THR adalah pendapatan non upah yang wajib dibayarkan pengusaha kepada pekerja atau keluarganya menjelang hari raya keagamaan di Indonesia.

    THR

  • rumah.com

  • KPR rumah


Video Terkini