Sukses


Cara Praktis Bersihkan Noda di Nat Keramik

Nat adalah bagian sambungan pada lantai keramik. Bagian ini terbuat dari campuran air, pasir, dan semen, dan berfungsi melekatkan ubin.

Liputan6.com, Jakarta Nat adalah bagian sambungan pada lantai keramik. Bagian ini terbuat dari campuran air, pasir, dan semen, dan berfungsi melekatkan ubin pada tempatnya.

Sebagai salah satu bagian dari komponen lantai, nat tidak bisa diabaikan begitu saja. Selain memberi nilai tambah secara estetika, nat pun mampu mencegah terjadinya rembesan terutama pada area basah seperti kamar mandi dan dapur.

Akibat lantai sering diinjak, tidak heran bila akhirnya garis-garis nat dengan mudah mengumpulkan kotoran dan noda. Bahkan yang umum terjadi adalah nat berubah warna, dari putih keabu-abuan menjadi coklat hingga hitam.

Jika nat keramik di rumah Anda sudah terlanjur demikian, jangan risau! Ada sejumlah cara mudah dan praktis yang dapat diikuti. Apa sajakah itu? Simak ulasan yang dikutip dari Rumah.com berikut.

Cara Pertama

Cuka dan amonia merupakan salah satu ramuan yang bisa digunakan. Sebelum memulai, terlebih dahulu bersihkan lantai secara menyeluruh. Mulai dari mengelap semua meja dapur berbahan keramik serta menyapu lantai.

Langkah ini sangat perlu dilakukan, dengan tujuan membuat semua lapisan kotoran paling atas hilang, dan membuat pekerjaan pembersihan nat keramik menjadi lebih mudah.

Selanjutnya, campur 7 cangkir air hangat, 1//2 cangkir soda kue, 1/3 cangkir amonia, dan 1/4 cuka putih di dalam sebuah ember. Lalu, tuang campuran tersebut ke dalam sebuah botol semprotan dan kocok.

Semprotlah seluruh nat keramik hingga basah, dan biarkan larutan tersebut meresap selama 3-5 menit. Setelah meresap, gosok nat keramik yang kotor dengan sikat berbulu kaku atau sikat gigi secara kuat hingga kotoran terangkat.

Penggosokan yang Anda lakukan mungkin menghasilkan genangan kecil cairan kotor di keramik. Gunakan kain lap basah untuk membersihkannya, dan peraslah kain tersebut ke dalam wadah yang terpisah.

Sumber: Pixabay

Cara Kedua

Metode pembersihan lain yang bisa diterapkan adalah dengan menggunakan campuran hidrogen peroksida dan soda kue. Caranya, campurkan kedua bahan tersebut ke dalam sebuah wadah hingga membentuk pasta kental.

Lalu, oleskan campuran tersebut ke bagian nat keramik dengan jari Anda atau sikat gigi. Oleskan dengan tebal dan benar-benar menutupi nat tersebut, dan tunggu selama 5-10 menit.

Gunakan sikat kecil untuk menggosok nat yang telah diberi pasta. Tekan pada area yang kecil untuk mengangkat kotoran serta noda. Jika nat masih kotor, tambahkan lagi pasta dan lakukan penggosokan ulang. Untuk hasil akhirnya, lap sisa pasta beserta kotoran dengan kain bersih.

Cara Ketiga

Terakhir, Anda bisa memakai pemutih oksigen untuk membuat nat pada keramik tampil bersih kembali. Langkah pertama, larutkan pemutih oksigen dan air hangat dengan takaran yang sama, dan biarkan hingga benar-benar menyatu.

Tuang pemutih tadi ke area nat yang kotor, atau bisa juga menggunakan botol semprot bila dirasa lebih mudah.

Diamkan larutan tersebut agar bekerja dengan optimal, selama kurang lebih 15-20 menit. Sedangkan jika nat terserang noda membandel, Anda bisa membiarkan larutan meresap selama 1 jam.

Selanjutnya, gosok nat tersebut secara kuat agar kotoran dan noda segera terkelupas. Ketika sudah selesai, ambil handuk kering untuk membersihkan pemutih kotor yang menggenang.

Selamat mencoba!

Foto utama: hollywoodhomestead.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini