Sukses


6 Trik Betah Berkantor di Rumah

Agar Anda tetap dapat menjalankan bisnis secara profesional, bahkan bisa merekrut karyawan, Anda harus melakukan langkah ini.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa pekerjaan memang bisa dilakukan di rumah, seperti berjualan online, membuka jasa desain grafis, membuat ilustrasi dan desain website, penerjemahan, serta menyediakan jasa fotografi lengkap dengan studio dan jasa mengedit fotonya.

Tak heran jika Anda yang memiliki skill tersebut memilih untuk menggunakan rumah sebagai kantor. Namun, agar Anda tetap dapat menjalankan bisnis secara profesional, bahkan bisa merekrut karyawan, Anda harus melakukan beberapa langkah yang dirangkum dari Rumah.com ini.

Ada ruangan khusus

Meski Anda bekerja di rumah, tentunya suasana kerja menjadi terlalu santai jika Anda menggunakan seluruh ruangan sebagai lokasi kerja. Gunakan hanya satu ruangan sebagai lokasi kerja Anda, misalnya gudang yang sudah Anda renovasi menjadi ruang kerja. Dan, anggaplah ruangan tersebut layaknya kubikel di kantor, jadi Anda hanya boleh beristirahat saat jam makan siang dan ketika akan menggunakan toilet.

Perbesar ruangan jika kamar tak memadai

Bila bisnis Anda semakin besar, Anda tentu membutuhkan karyawan sebagai asisten. Jika hal ini terjadi pada Anda, jangan mengandalkan ruang kerja yang sama yang tadinya hanya Anda gunakan sendiri.

Siapkan ruangan untuk karyawan Anda. Bila tak ingin berjauhan dari rumah, sewalah rumah kosong yang tak jauh dari rumah Anda, atau sewa apartemen yang lokasinya tak jauh dari apartemen Anda.

Tentukan jam kerja

Bekerja di rumah pun tak bisa seenaknya. Buatlah jadwal kerja harian, dan mulailah dengan tugas yang menjadi prioritas Anda. Misalnya, keinginan Anda bekerja di rumah adalah punya waktu lebih banyak untuk mengurus keluarga, jadi lakukan pekerjaan domestik terlebih dahulu, seperti menyiapkan makanan dan membersihkan rumah hingga pukul 09.00.

Setelahnya, Anda harus menjalankan jadwal kerja harian yang sudah disusun. Sebaiknya samakan durasi kerja dengan durasi kerja kantoran, yaitu 8 jam kerja setiap harinya, sehingga Anda bisa menyelesaikan pekerjaan rumah tangga.

Akses internet terjamin

Meski akses internet di rumah memadai, pastikan Anda memang hanya menggunakannya untuk urusan pekerjaan. Gunakan gadget dan koneksi internet untuk mendukung, dan membantu bisnis Anda seperti penggunaan media sosial saat jam kerja di rumah. Batasi penggunaan aplikasi lain yang bersifat pribadi agar pekerjaan cepat selesai.

Bereskan ruang kerja

Usai digunakan setiap hari, mintalah asisten rumah tangga merapikan ruang kerja Anda serta mencuci peralatan makan yang sudah digunakan. Ruang kerja yang bersih dan rapi akan membuat Anda lebih berkonsentrasi selama bekerja.

Tentukan hari libur

Jangan mentang-mentang bekerja di rumah, Anda terlalu mendedikasikan seluruh waktu untuk bekerja. Minimal tentukan satu hari dalam seminggu untuk libur dan tidak memikirkan pekerjaan. Cara ini akan memberikan ide baru dalam bekerja.

Ubah layout ruangan secara berkala

Agar tidak bosan sekaligus meningkatkan kreativitas, ubahlah layout ruangan setiap 2-3 bulan sekali. Tak perlu mengubah secara besar-besaran, minimal gantilah susunan benda di atas meja kerja Anda atau tambahkan ornamen serta hiasan dinding yang cantik.

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini