Sukses


Hadirkan Efek Dramatis di Rumah Minimalis

Ruang sempit bukan berarti tidak bisa memberikan kenyamanan dan nuansa yang beda. Trik dramatis solusinya.

Liputan6.com, Jakarta Jangan biarkan kreativitas Anda terpasung ukuran rumah. Besar atau kecil, Anda bisa mendapatkan efek yang sama. Seperti efek dramatis, misalnya.

Saat ini sudah banyak cara bagaimana mensiasati ruang sempit, mulai dari cara memilih furnitur, memilih warna, mensiasati titik pusat (focal point) dan masih banyak lagi.

Jika Anda ingin menambah referensi lain untuk membuat ruang sempit dapat memberikan kenyamanan dan nuansa yang berbeda, mungkin membuat efek dramatis bisa menjadi pilihan.

Seperti dilansir dari Rumah.com, Hamphrey Tedja, desainer interior dari Domisilium Architecture menyatakan, membuat efek dramatis di sebuah ruang memang lebih leluasa dilakukan di area besar. Sebab, banyaknya space akan memudahkan Anda bereksplorasi.

efek dramatis juga kerap diaplikasikan pada taman, agar berkesan berbeda dari biasanya (sumber: houzz.com)

Efek dramatis sendiri memberikan kesan beda karena permainan cahaya dan elemen lain, yang dapat menekankan sebuah objek atau ruangan agar terlihat berlebihan dari biasanya.

Tapi sekali lagi, Hamphrey menekankan, trik mendramatisir ruangan ini juga bisa dilakukan di ruangan sempit atau terbatas. Ia memberikan lima trik rahasia bagaimana menimbulkan efek dramatis di ruang sempit. Ulasannya, sebagai berikut:

Gunakan warna gelap

Pemakaian warna-warna gelap kerap dihindari oleh pemilik ruang sempit. Pasalnya, warna ini akan membuat ruang jadi kian terlihat sempit. Tapi sebenarnya, warna gelap ternyata bisa memunculkan efek dramatis yang memukau.

Warna-warna gelap antara lain cokelat gelap, hitam, abu-abu, biru dongker, dan lain-lain. Satu dari warna-warna tersebut bisa dikombinasikan dengan warna cerah seperti krem atau kuning.

Bermain dengan pencahayaan

Jangan gunakan pencahayaan biasa. Selain penerangan utama, gunakanlah lampu aksen dengan nuansa kuning.

Tambahkan cermin

Seperti dijelaskan sebelumnya, pemilihan furnitur bisa menunjang tampilan ruangan sempit menjadi terlihat lebih luas. Menambahkan cermin salah satunya.

Ya, cermin dapat memberikan ilusi ruangan lebih luas. Selain itu, cermin juga akan memantulkan cahaya lampu tempel klasik yang Anda pasang, sehingga menambah kesan dramatis.

Plafon yang tinggi

Jika plafon ceiling (atap) ruangan Anda 3m, Anda bisa menempatkan lampu gantung untuk memberikan efek dramatis yang romantis.

Buat focal point

Terakhir adalah membuat focal point atau titik pusat. Focal point bisa diciptakan lewat wall decorative (dekorasi dinding) yang terbuat dari bebatuan alam atau dinding yang dicat dengan warna-warna eye cathching.

Contoh penggunaan lampu gantung warna gelap yang menghadirkan efek dramatis di ruangan. (sumber: pinterest.com)

Jika Anda memiliki ruang dengan luas seperti di atas, Anda bisa menggunakan warna coklat gelap dan ornamen emas untuk menciptakan kesan mewah.(sumber: pinterest.com)

kreasi lain juga bisa menggunakan lampu hias taman yang kerap digunakan pada pohon natal. Anda bisa memasangnya di dinding kamar tidur. Anda bisa merasakan sensasi seperti di film twilight bukan? (sumber: pinterest.com)

Rak buffet ini tampak dramatis. Paduan warna biru dongker, hitam, krem, yang kontras dengan dinding putih siap memberikan spot menarik. (sumber: pinterest.com)

Menggunakan warna gelap seperti hitam juga bisa tampak drmatis bila dipadukan dengan warna gold seperti tampak pada gambar (sumber: pinterest.com)

Feature picture: pixabay.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini