Sukses


Ingin Bahagia di Rumah, Cobalah 9 Kebiasaan Ini

Agar merasa bahagia di rumah, ada beberapa kebiasaan kecil yang perlu Anda lakukan.

Liputan6.com, Jakarta Rumah seharusnya menjadi tempat yang paling nyaman untuk beristirahat dan membuat pikiran menjadi rileks setelah kita menjalani padatnya aktivitas harian. Namun, bagaimana jika Anda justru merasa penat dan jenuh bila berada di rumah?

Lakukan kebiasaan-kebiasaan harian yang di rangkum oleh Rumah.com berikut ini agar Anda bisa menjadi lebih bahagia di rumah.

Rapikan Tempat Tidur

Dari buku “The Happiness Project” dijelaskan bahwa kebiasaan tiga menit ini adalah kebiasaan sederhana yang dapat memberikan efek positif yang berpengaruh terhadap kebahagiaan Anda.

Selalu membuat setiap ruangan ‘bersih’

Pelajari trik berikut yang diambil dari buku “Its Hard to Make a Difference When You Can’t Find Your Keys”. Sebuah fakta bahwa setiap barang yang berserakan dan berantakan akan menimbulkan stres.

Lakukan rutinitas sederhana ini, siapkan waktu selama tiga menit untuk ‘membersihkan’ ruangan sama seperti sebelum Anda berada di dalamnya.

Tampilkan pajangan yang memiliki nilai sentimental

Perjalanan seperti liburan atau dinas (dan memori dari perjalanan tersebut) merupakan sesuatu hal yang membuat kita bahagia ketika mengingatnya lebih daripada sekadar memiliki barang-barang tertentu. Siklus yang pasti dari sebuah perjalanan adalah merencanakannya, tidak sabar hingga waktu perjalanan tiba, menikmati perjalanan kemudian mengingat kembali perjalanan tersebut. Buat sebuah galeri yang berisi memori yang positif di rumah Anda.

Tuliskan satu hal yang Anda syukuri setiap hari

Sebelum tidur, ingat kembali satu memori yang membuat Anda bahagia pada hari itu (jika Anda sudah memiliki anak, bisa menanyakan mereka apa yang paling menyenangkan terjadi pada hari ini). Refleksi diri adalah bagian yang penting dari sebuah kebahagiaan, berhenti sejenak untuk merefleksikan hal positif apa yang terjadi pada Anda di hari itu. Dengan ini Anda juga lebih bisa bersyukur.

Lakukan hal-hal yang harus dilakukan

Satu lagi tips dari buku The Happiness Project, bahwa cucian piring tidak akan membersihkan dirinya sendiri, jadi kerjakan cucian piring tersebut sekarang. Agar Anda tidak merasa kelelahan, lakukan cucian piring sambal menyetel lagu favorit Anda di dapur.

Ucapkan afirmasi positif ketika bangun pagi

Di buku The Art of Happiness dituliskan, “Setiap hari, ketika bangun pagi ucapkan syukur bahwa anda masih hidup dan memiliki kehidupan yang berharga sehingga Anda tidak akan menyia-nyiakannya. Bentuk afirmasi bisa berbagai macam, seperti “tetaplah produktif” atau “nikmati hari ini”. Kebiasaan ini akan memberikan perubahan yang besar di kehidupan Anda.

Lakukan hal kecil untuk pasangan

Pangkas rumput di taman atau buang sampah, namun jangan mengharapkan si dia berterima kasih kepada Anda. Hal-hal seperti ini akan memicu hubungan yang sehat dan kuat sehingga berujung kepada kebahagiaan. Jika Anda melakukan sesuatu yang baik, maka Anda juga akan merasa lebih baik.

Telepon satu teman atau anggota keluarga setiap hari

Anda bisa melakukan pekerjaan mudah ini sambil merapikan ruangan, tempat tidur atau sekadar berjalan-jalan dengan hewan peliharaan. Gunakan telepon, hindari email atau SMS. Manusia adalah makhluk sosial. Menurut penelitian, meskipun Anda seorang yang tertutup, bersosialisasi dengan orang tersayang akan membuat Anda merasa lebih baik.

Buat kegiatan interaktif

Simpan uang Anda untuk membeli DVD baru atau mesin pemanggang baru. Buat sesuatu kegiatan yang bisa mengumpulkan orang-orang da merasa terhibur, seperti acara barbeque. Undang beberapa kerabat terdekat dan rileks.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini