Sukses


5 Cara Mudah Agar Betah Liburan di Rumah

Jika kondisi tak memungkinkan untuk berlibur, Anda pun terpaksa menggunakan sisa liburan di rumah saja.

Liputan6.com, Jakarta Mungkin Anda ingin bisa berlibur ke luar kota untuk menikmati cuti. Tapi jika kondisi tak memungkinkan—misalnya Anda kehabisan tiket sehingga terpaksa menikmati liburan di rumah saja, atau kondisi keuangan tak memungkinkan karena harga transportasi dan akomodasi yang sangat tinggi, dan seluruh keluarga Anda ada di kota yang sama dengan Anda—Anda pun terpaksa menggunakan sisa liburan serta sisa cuti di rumah saja.

Jangan langsung berpikir menikmati liburan di rumah tak menyenangkan serta membosankan. Ubah saja dekorasi rumah Anda agar Anda pun merasa ada di tempat berlibur, seperti dinukil dari Rumah.com berikut.

Ciptakan suasana tropis

Bulan Juni identik dengan cuaca hangat, tak heran jika pantai dan area tropis lainnya menjadi tujuan berlibur. Hadirkan suasana tropis di rumah Anda. Misal, ubahlah dekorasi ruang makan dengan menggunakan meja kayu panjang. Atau ganti taplak meja makan dengan taplak bermotif tropis, seperti motif pohon kepala atau bunga cerah. Tambahkan bunga segar lokal yang hanya ada di negara beriklim tropis, misalnya bunga kamboja atau kembang sepatu.

Perbanyak kegiatan di halaman

Agar anak tak bosan, perbanyak kegiatan di luar rumah, misalnya bermain bola di halaman atau mengajaknya berkebun. Anak pun boleh tidur siang di halaman rumah, misalnya dengan memasang hammock di teras atau menggelar karpet atau alas duduk di halaman rumah serta gazebo. Jangan lupa oleskan lotion antinyamuk dan serangga agar anak bisa tidur dengan nyaman.

Memasak di luar rumah

Sesekali jangan menyajikan nasi putih lengkap dengan lauknya sebagai makanan harian. Belum tentu makanan tersebut memiliki nutrisi yang seimbang untuk anak.

Sajikan makanan yang biasanya Anda nikmati saat liburan, misalnya spaghetti dengan saus bolognese dan bola-bola daging, atau salad dan sandwich buatan sendiri.

Sebagai penyegar, nikmati jus tanpa pemanis buatan, rujak atau potongan buah segar, dan sorbet sebagai pencuci mulut. Ingat, lakukan persiapan memasak dan makan di luar rumah. Jika ingin yang lebih seru, sajikan makanan di atas piring yang sudah diberi alas daun jati atau daun pisang.

Tidur di Ruang Terbuka

Tak perlu jauh-jauh berkemah di pegunungan, lakukan saja di halaman belakang rumah Anda. Lakukan kegiatan seperti tengah berada di alam bebas, makan di depan kemah, mendongeng dan tidur di dalam kemah. Halaman Anda tak terlalu luas? Pindahkah kemah ke dalam ruang TV Anda, sama serunya, kok. Gunakan lampu temaram untuk penerangan di dalam kemah.

Bersihkan kolam ikan

Kegiatan yang berhubungan dengan air selalu disukai anak—bahkan juga Anda. Saat libur berarti waktunya memerhatikan kondisi kolam ikan Anda. Ajaklah anak ikut menguras kolam. Setelahnya Anda bisa memandikannya di halaman.

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini