Sukses


Menyiapkan Rumah Sebagai Tempat Pesta Anak

Selain tak dikejar oleh waktu, pesta di rumah juga lebih nyaman karena ruangan yang lapang...

Liputan6.com, Jakarta Ada kalanya Anda bosan jika harus mengadakan pesta ulang tahun anak di resto cepat saji. Selain bentuk pestanya yang itu-itu saja, makanan yang dihidangkan juga kurang sehat. Anda pun lebih tertarik mengadakan pesta di rumah.

Selain tak dikejar oleh waktu, pesta di rumah juga lebih nyaman karena ruangan yang lapang dan Anda pun bisa mengobrol dengan nyaman. Namun, Anda tetap butuh persiapan agar acara berjalan nyaman. Dikutip dari Rumah.com, berikut ini beberapa contohnya.

Gunakan halaman

Lokasi ideal untuk mengadakan pesta anak memang di halaman rumah, karena Anda bisa mengadakan berbagai permainan. Untuk itu, singkirkan seluruh tanaman yang menggunakan pot agar tak terinjak atau tertendang anak saat bermain. Jika ada kolam ikan di halaman, berikan pembatas antara pinggir kolam dengan kolamnya untuk menghindari ada yang tercebur.

Simpan peralatan di dalam kamar

Bila ingin mengadakan di dalam ruangan,akan lebih baik jika ruangan dibiarkan lapang tanpa ada perabotan kecuali meja untuk meletakkan makanan. Jadi untuk sementara singkirkan kursi dan perabotan lainnya di dalam kamar. Sebagai gantinya gunakan karpet, rugs, atau bean bag sebagai alas duduk. Anak-anak pun bisa melangkah dengan mudah untuk mengambil makanan tanpa harus menabrak perabotan.

Bedakan kamar mandi

Jangan satukan kamar mandi untuk buang air kecil dengan tempat mandi anak. Misal, untuk anak yang ingin mandi bisa menggunakan kamar mandi utama, sementara untuk buang air kecil dan mengganti popok bisa menggunakan kamar mandi lainnya. Gunanya agar kamar mandi yang lain tidak becek atau licin dan tetap aman digunakan oleh anak-anak dan Anda.

Keluarkan meja makan

Bila seluruh ruangan akan digunakan sebagai lokasi pesta, keluarkan meja makan dari dalam ruangan. Sebagai gantinya, Anda bisa menyusun makanan di meja makan yang tersedia di dapur. Sementara tetap sediakan meja kecil di dalam ruangan untuk menyajikan menu untuk anak-anak serta makanan kecil.

Tentukan durasinya

Jangan membiarkan acara pesta molor. Selain membuat Anda lelah saat membereskannya, anak-anak pun akan letih karena terlalu asyik bermain. Sebaiknya batasi waktu, misalnya diadakan sore hari pada pukul 15.00-16.30, sehingga Anda tak malas untuk membereskan ruangan nantinya.

Hias meja makan

Agar lebih menarik perhatian tamu, terutama anak-anak—agar tak hanya tertarik dengan makanan manis—hiaslah meja makan Anda. Gunakan taplak meja berwarna cerah yang sejuk, misalnya cokelat muda atau peach dan tambahkan bunga segar. Gunakan peralatan makan berwarna putih karena lebih menggugah selera makan. Hias makanan Anda, misalnya tambahkan buah segar sebagai topping puding.

Gunakan aroma bahan makanan sebagai pengharum ruangan

Misalnya aroma cokelat, karamel, atau kayu manis. Aroma makanan yang manis ini akan meningkatkan mood sekaligus menambah selera makan anak-anak di Anda. Cara paling mudah, pangganglah kayu manis atau vanila di dalam microwave lalu keluarkan dalam keadaan hangat.

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.