Sukses


Kendalikan Nafsu Makan dengan Desain Ruang Makan Ini

Tinggi atau rendahnya nafsu makan tak hanya ditentukan oleh mood atau jenis makanannya, tapi juga kondisi ruang makan.

Liputan6.com, Jakarta Jika ditanya area rumah mana yang menjadi lokasi favorit selain kamar, tentu Anda akan menjadi ruang makan. Soalnya, ruang makan menjadi tempat menyimpan banyak camilan dan makanan favorit Anda.

Tapi, kadang Anda pun menjadi menyalahkan ruang makan jika Anda makan terlalu banyak dan susah berhenti. Padahal, tinggi atau rendahnya nafsu makan tak hanya ditentukan oleh mood atau jenis makanannya, tapi juga kondisi ruang makan. Dikutip dari Rumah.com, lakukan hal ini jika nafsu makan Anda tak terkendali.

Gunakan kursi bertekstur keras

Jangan menggunakan kursi yang nyaman atau empuk sebagai kursi makan. Sebaiknya pilih kursi yang terbuat dari kayu atau rotan yang teksturnya agak keras. Kursi yang terlalu nyaman akan membuat Anda ingin duduk lebih lama dan terus menambahkan jumlah porsi makanan.

Letakkan cermin

Pasanglah cermin di dinding ruang makan Anda sehingga Anda bisa melihat bayangan Anda di cermin tersebut. Menurut studi Cornell University Food and Brand Lab, mengonsumsi makanan di depan cermin akan membuat makanan tersebut menjadi terlihat kurang enak dan Anda pun sadar dengan pola makan Anda.

Pasang jam di dinding

Selain cermin, hiasan dinding lain yang diperlukan adalah jam. Dengan melihat jam, Anda dapat memperkirakan waktu makan yang tepat dan durasi makannya. Makan sesuai waktu dan tidak terlambat dari waktu tersebut akan mencegah keinginan ngemil lebih banyak.

Sementara menentukan durasi waktu makan akan membuat Anda lebih menikmati makanan sehingga lambung memiliki lebih banyak waktu untuk mencernanya. Makan terburu-buru justru membuat Anda lebih cepat gemuk, karena nutrisinya tidak tercerna dengan maksimal.

Susunlah piring berukuran kecil

Jika tak ada acara khusus, jangan menyusun piring besar berwarna putih yang cantik dan menarik di meja makan. Sebaliknya letakkan piring yang berukuran lebih kecil dan penuh warna.

Piring besar akan membuat Anda menempatkan lebih banyak makanan di atasnya, sementara piring kecil membuat porsi makan Anda lebih sedikit. Piring yang berwarna juga akan mengurangi nafsu makan Anda dibandingkan melihat makanan yang tersaji dia atas piring putih.

Aturan ukuran juga berlaku untuk sendok dan garpu. Letakkan sendok dan garpu berukuran kecil di meja makan, sehingga saat makan Anda bisa menikmatinya secara perlahan. Makan dengan sendok berukuran besar akan membuat makanan lebih cepat habis dan Anda pun akan menambah porsinya lagi.

Selalu hias meja makan dengan buah dan bunga

Jangan mengisi meja makan dengan kue atau roti, melainkan sepiring buah atau vas bunga. Segala hal yang mengingatkan Anda kepada alam seakan memberikan kesan Anda harus menambah makanan sehat dan segar lebih banyak ke dalam tubuh, misalnya dengan mengonsumsi sayuran dan buah.

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini